SMK Muhamka Terapkan Sistem Pembelajaran Revolusi Industri 4.0

Oleh : rudiwd    2020-01-01 15:24:32   132
Share :

PEKALONGAN, suaramerdeka.com - SMK Muhammadiyah Kajen mulai melakukan penyesuaian pembelajaran industri 4.0. Bahkan, hasil pembelajarannya dipamerkan dalam kegiatan Muhamka Expo 2019, di halaman sekolah tersebut.

Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Kajen, Rustam Aji menyampaikan, rangkaian kegiatan Muhamka Expo 2019 di antaranya menampilkan stan jurusan seperangkat fasilitas dan produk kreatif hasil pembelajaran di laboratorium praktik dengan penyesuaian prinsip pembelajaran era revolusi industry 4.0.

"Ada pula stan dari ekstrakurikuler, wirausaha muda, dan display produk kreatif kewirausahaan serta warung kreatif," ujarnya.

Menurutnya, kegiatan Expo Muhamka 2019 merupakan salah satu wujud diseminasi SMK Muhamka kepada masyarakat untuk bisa memberikan gambaran kegiatan pembelajaran yang selama ini dilaksanakan di sekolah.

Di samping itu, lanjut dia, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari ditunjuknya SMK Muhamka sebagai sekolah rujukan. "Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari mulai dari 16-18 Desember 2019," katanya.

Dengan digelarnya acara ini menunjukkan bahwa peserta didik SMK Muhamka telah mampu mengimplementasikan prinsip 4C dalam pembelajaran, yaitu Creative, Critical Thinking, Collaborative, Communication.

Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Cabang Kajen, H Ahmad Shaleh, mengharapkan bangunan komunikasi antara sekolah dan organisasi tetap berjalan dengan baik. Sehingga keberadaan SMK Muhammadiyah Kesesi bisa terus eksis dan bisa meningkat baik dari sisi akademik maupun non akademik.
Sumber : Suara Merdeka