SMK Muhamka Ikuti Gladi Bersih Asesmen Nasional 2021

Oleh : rudiwd    2021-09-06 11:28:16   209
Share :

Jelang pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2021, sejumlah 50 peserta didik kelas XI SMK Muhamka (45 inti dan 5 cadangan) ikuti gladi bersih. Kegiatan tersebut dijadwalkan berlangsung selama dua hari, Senin dan Selasa (6-7/9). Adapun pelaksanaan ANBK dijadwalkan tanggal 20-21 September 2021

 

Wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Budiono menuturkan kegiatan tersebut sudah terjadwal dari pusat. "Nama peserta, jadwal gladi bersih, sampai jadwal pelaksanaan Asesmen Nasional semua sudah diprogramkan dari pusat. Kami hanya menyiapkan teknis pelaksanaan saja," tuturnya.

 

Tim proktor ANBK 2021 menambahkan, kesiapan teksnis sudah mencapai 90%. "Untuk hal perangkat teknis ujian Insyaallah siap. Dengan adanya gladi bersih ini, semakin terpetakan hal-hal apa saja yang perlu disiapkan dan diantisipasi demi kelancaran ujian," ujar Bandiyo, Koordinator tim Proktor ANBK 2021.

 

Hadir sebagai pengganti Ujian Nasional, Asesmen Nasional yang dilaksanakan pertama kali di tahun 2021 ini jelas membutuhkan banyak penyesuaian. Mulai dari kepala sekolah, guru, peserta didik, semua terlibat dalam pelaksanaan Asesmen Nasional. 

 

Kepala SMK Muhamka, Muhammad Rustam Aji menjelaskan bahwa kegiatan Asesmen Nasional akan menjadi refleksi bagi sekolah. "Komponen Asesmen Nasional tidak hanya literasi dan numerasi, tetapi juga survei karakter dan survei lingkungan belajar. Tentu hasil asesmen ini akan menjadi refleksi penting bagi sekolah, utamanya dalam pemberian layanan kepada peserta didik," jelasnya.

Penulis : Angga S | Sekretaris Kurikulum.