Membanggakan, Kontingen SMK Muhamka Raih Tiga Medali Diajang OlympicAD Nasional 2024

Oleh : rudiwd    2024-03-25 03:37:09   1065
Share :

Kontingen SMK Muhammadiyah Kajen (Muhamka) berhasil raih tiga medali diajang Olympiade Ahmad Dahlan (Olympicad) tingkat nasional ke-7 di Bandung, 6-8 Maret 2024.  SMK Muhamka kirimkan guru dan siswa terbaik untuk ikut dalam lomba sekolah Muhammadiyah terbesar itu.

Adalah Zydiane Wysnu Akbar, siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Analisis Pengujian Laboratorium (APL) yang berhasil raih medali perak di ajang lomba tingkat nasional tersebut. Mengikuti mata lomba karya tulis ilmiah siswa, Zydiane mengambil judul karya tulis “Pasar Sodaqoh : Model Revitalisasi Pimpinan Ranting Muhammadiyah Dengan Prinsip “3j” Pada PRM Tambakroto, Pekalongan”. Dibawah guru pembimbing Angga Setiawan, Zydiane berhasil mengulas dengan apik profil Pasar Sodaqoh PRM Tambakroto, Kajen.

Kepada Media Muhamka, Zydiane sampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah men-support dirinya hingga juara di tingkat nasional. “Alhamdulillah, tidak ada kata yang bisa menggambarkan perasaan saya sekarang, saya bisa juara di tingkat nasional. Ini adalah prestasi penting dan juga membantu saya kedepan,”ungkapnya.

Zydiane melanjutkan, dirinya berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung saya hingga raih medali ini, “Pertama saya ucapkan terima kasih kepada Pak Angga, selaku guru pembimbing. Tanpa ketelatenan dan kesabaran beliau, rasanya saya tidak mungkin meraih prestasi ini. Tidak lupa kepada pihak sekolah, kepala sekolah serta bapak ibu guru semuanya,” pungkasnya.

Selain Zydiane yang berhasil raih medali perak, dua medali lainnya diraih oleh Latif Widhi Hartoko yang berhasil raih medali perunggu dimata lomba website design. “Alhamdulillah, dibawah bimbingan Pak Heri Narwanto, skill saya makin terasah dan alhamdulillah mampu bersaing di level nasional. Terima kasih semuanya, alhamdulillah,”singkat Latif kepada Media Muhamka.

Satu medali lainnya diraih oleh Angga Setiawan. Selain sebagai pembimbing Zydiane, Angga juga ikut serta dalam lomba. Yakni mata lomba inovasi pembelajaran, Angga mengkolaborasikan pembelajaran berbasis kreatifitas dan teknologi. Karyanya berhasil meraih medali perak diajang Olympicad  nasional ke-7 ini.

Sementara itu kepala SMK Muhamka Cipto Wiharso menyampaikan terima kasih kepada peserta, “SMK Muhamka memiliki pengalaman juara di Olympicad, alhamdulillah, pelan tapi pasti, tradisi prestasi nasional ini telah berhasil diukir. Saya sampaikan terima kasih, ini luar biasa. Semoga kedepan kita bisa semakin kompetitif di lomba-lomba lainnya,”kata Cipto.

OlympicAD VII Nasional 2024

Sebanyak 7.873 peserta mengikuti Olimpiade Ahmad Dahlan (OlympicAD) VII tingkat nasional yang diselenggarakan Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Non Formal (Dikdasmen PNF) Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada 6-8 Maret 2024.

“Mungkin dalam sejarah pelaksanaan OlympicAD ketujuh ini dengan peserta lebih banyak dari pelaksanaan sebelumnya,” Ketua Pelaksana OlympicAD VII Dadang Syarifudin di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu.

Olimpade tersebut diikuti peserta dari 29 provinsi di Indonesia, dengan Jawa Tengah sebagai penyumbang peserta terbanyak mencapai 2.586 orang dari 313 sekolah.

Berdasarkan Raihan jumlah medali emas terbanyak, keluar sebagai juara umum adalah provinsi Jawa Tengah, disusul oleh D.I Yogyakarta dan Provinsi Jawa timur. (rwd)