Lebih Dekat Dengan TKR Otomotif SMK Muhamka

Oleh : rudiwd    2021-02-24 09:54:42   726
Share :

Assalamu'alaikum, Sobat Muhamka.

Yuk, kenalan sama Program Studi Teknik Kendaraan Ringan (TKR).

Program Studi TKR OTOMOTIF merupakan jurusan favorit di SMK Muhammadiyah Kajen dengan jenjang belajar 3 tahun yang pembelajarannya meliputi teori dan praktek. Materi pembelajaran meliputi Teknologi Dasar Otomotif, Pekerjaan Dasar Otomotif, Pemeliharaan dan Perbaikan Mesin, Pemeliharaan dan Perbaikan Sasis & Pemindah Tenaga dan Pemeliharaan dan Perbaikan Kelistrikan Kendaraan.

Materi - materi tersebut sesuai dengan Kurikulum Nasional dan terintegrasi dengna Dunia Industri, yaitu PT. Astra Daihatsu Motor dengan penambahan materi Budaya Industri dan Perawatan Berkala Kendaraan yang biasa dipakai di Industri tersebut. Memiliki ruang praktek dengan sarana dan prasana yang lengkap. Tenaga pengajar (guru) yang profesioanal dibidangnya.

Apa saja keunggulannya?

Memiliki 4 ruang praktek, yaitu ruang praktek otomotif dasar untuk kelas X. Untuk kelas XI dan XII ruang prakteknya meliputi ruang praktek mesin, ruang praktek sasis dan pemindah tenaga, ruang praktek kelistrikan yang dilengkapi dengan alat : two post lift, scanner (alat pendeteksi kerusakan mobil injeksi) dan alat tangan standar bengkel resmi. Media praktek yang dimiliki 5 mobil injeksi teknologi terkini, 5 mobil konvensional, 2 mobil diesel dan beberapa stand/media peraga terkait pembelajaran otomotif. Uji praktek kejuruan melibatkan Lembaga Sertifikasi Profesi dan PT. Astra Daihatsu Motor untuk level technician.

Bagaimana Peluang Lulusannya?

Lulusan bisa bekerja sebagai mekanik di bengkel resmi atau tidak resmi. Bekerja sebagai operator produksi di perusahaan otomotif, tambang, garmen dan lain sebagainya. Atau mau melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi (D3 dan S1) baik negeri atau swasta, bisa juga melanjutkan ke perkuliahan ikatan dinas seperti TNI, Polri. Selain itu juga bisa berwirausaha karena sudah dibekali ketrampilan/keahlian dan kewirausahaan saat belajar di sekolah.

Kerja sama kurikulum : PT. Astra Daihatsu Motor. Kerja sama prakerin : Bengkel Resmi Daihatsu, Bengkel Resmi Suzuki, Bengkel Resmi Toyota, Bengkel Resmi Isuzu, Bengkell Resmi Honda, Bengkel Gajah Mada Motor, PT. Siba Surya, Bengkel Setia Motor, Bengkel Harun, dan banyak bengkel lokal di pekalongan lainnya.

Sumber : Kepala Program Studi TKR Otomotif Pak Budiono, S.T