Laboratorium Fiber Optik SMK Muhamka 3 Terbaik Nasional

Oleh : rudiwd    2021-01-04 19:59:39   91
Share :

smkmuhamka.sch.id – Laboratorium Fiber Optik atau Lab Fo SMK Muhammadiyah Kajen (Muhamka) berhasil raih prestasi gemilang tingkat nasional, yakni 3 terbaik Lab Fo Kelas Industri Telkom. Selain SMK Muhamka,  yang berhasil masuk 3 terbaik adalah SMK Widya Bakti Sidoarjo dan SMK YYPI Petojo Jakarta dari 112 SMK se-Indonesia Kerjasama kelas industri Telkom.

Manajer sales bisnis Telkom pusat Agus Riyono menuturkan ada beberapa kriteria unggul yang dimiliki Lab Fo SMK Muhamka dibandingkan sekolah lain. Selain sebagai Lab Fo pertama di Pekalongan, Lab Fo SMK Muhamka sudah lengkap. “Lab Fo SMK Muhamka komplit. Peralatan yang sudah standar kelas industri, guru-guru yang telah tersertifikasi dan modul-modul fiber optik standar industri.”jelasnya.

Kepala program studi Teknik Kendaraan Ringan (TKJ) SMK Muhamka, Muhammad Batubara sangat bersyukur dengan prestasi yang baru saja diraihnya itu. “Alhamdulillah bersyukur, masih dipercaya menyukseskan program SMK tefa (teaching factory) ini bersama PT Telkom dan berharap program ini bermanfaat untuk sekolah dan terutama untuk anak-anak jurusan TKJ” jelanya kepada Media Muhamka.

Bara menambahkan selain program pengadaan laboratorium dan penyelarasan kurikulum setidaknya ada delapan target yang akan dicapai atas kerja sama dengan PT Telkom. “Ada delapan target kerja sama kelas industri PT Telkom, diantaranya Pengadaan Laboratorium Fiber Optik , Pengadaan Kurikulum ( yg telah diselaraskan oleh Kemendikbud), Pengadaan Teaching Factory (TEFA), Magang Guru, Magang Siswa, Kunjungan Industri, sertifikasi Siswa & Guru ngajar  dan Perekrutan lulusan.” Tandasnya.

Laboratorium yang launching resmi setahun lalu itu adalah buah kerja sama antara Program studi TKJ SMK Muhamka dengan PT Telkom Indonesia Witel Pekalongan. Kerja sama ini adalah penyelarasan kurikulum program studi TKJ dengan dunia industri. (rwd)