Imunitas Sebagai Pencegahan Virus Corona

Oleh : rudiwd    2020-04-25 11:14:38   392
Share :

Imunitas? Pencegahan Virus Corona

Penulis : Susaniati - X Kimia Analisis

                   Halo teman-teman, bagaimana kabar kalian selama menjalani masa karantina #dirumahaja? Mungkin diantara kalian ada yang merasa bosan karena hal ini. Kita dianjurkan oleh pemerintah untuk mengkarantina diri bukan tanpa alasan. Semakin bertambahnya kasus penyebaran virus corona membuat pemerintah mengeluarkan aturan untuk tetap di rumah jika tidak ada kebutuhan yang terlalau mendesak. Ini diberlakukan untuk memutus mata ranatai penyebaran virus corona.

                   Nah, teman-teman juga harus mengambil kesempatan ini untuk quality time dengan keluarga. Sebelumya teman-teman tahu apa itu virus corona? Dari mana asalnya? Dan bagaimana penyebarannya? Perlu teman-teman ketahui, virus corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan kita dan penyakitnya disebut COVID-19. Virus ini sudah ditetapkan sebagai pandemi oleh WHO loh, guys. Memangnya seberapa membahayakan sih sampai ditetapkan sebagai pandemi?

                   Buktinya virus ini tidak hanya mewabah di antardaerah/antarkota tapi sudah mewabah ke antarnegara, guys. Virus ini pertama kali ditemukan di Wuhan, China. Tidak hanya menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, virus corona juga dapat menyebabakan pneumonia akut dan yang lebih parahnya lagi virus ini dapat menyebabkan kematian. Penyebaran virus ini melalui berbagai cara, yaitu:

  1. Menghirup droplet ( percikan ludah) si penderita Covid-19 saat batuk atau bersin.
  2. Menyentuh mulut atau hidung setelah tidak sengaja menyentuh benda yang terkena percikan ludah penderita Covid-19.
  3. Kontak fisik dengan si penderita.

Oleh karena itu mari kita patuhi perintah pemerintah untuk tetap di rumah (Stay at Home) untuk memutus rantai penyebaran virus corona dengan Study at home & work from home.

          Selain mengkarantina diri di rumah kita juga harus rajin mencuci tangan, menjaga kebersihan lingkungan, dan mulai melakukan kebiasaan hidup sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh kita. Teman-teman, adakah diantara kalian yang masih belum tahu apa itu imunitas? Cara meningkatkannya? Dan apa hubungannya dengan virus corona? Nah, disini saya akan menjelaskan mengenai imunitas tubuh. Seperti judul imunitas merupakan salah satu cara kita untuk mencegah tertular Covid-19.

          Sistem imun atau sistem kekebalan adalah sel-sel dan banyak struktur biologis lainnya yang bertanggung jawab atas imunitas, yaitu pertahanan pada organisme untuk melindungi tubuh dari pengaruh biologis luar dengan mengenali dan membunuh patogen. Dengan imunitas yang tinggi dalam tubuh kita, dapat mencegah terkena penyakit atau virus. Lalu, bagaimana cara meningkatkan imunitas kita? Ada beberapa cara untuk meningkatkan imun pada tubuh kita, yaitu:

  • Menerapkan pola hidup sehat dengan perbanyak makan buah dan sayur,
  • istirahat yang cukup,
  •  menghindari stress,
  • rutin berolahraga,
  • dan menghindari rokok ataupun alkohol, dan
  • Mengonsumsi suplemen bila perlu (seperti suplemen yang mengandung vitamin B6, C, dan E).

Mari bersama melawan corona untuk Indonesia. Bantu Garda Terdepan dengan tetap di rumah saja. Doa kita untuk mereka yang berjuang dan sesama. Indonesia aman akan Corona. Get well soon untukmu Indonesia dan dunia.