Angkat Budaya Kearifan Lokal, SMK Muhamka Gelar Karya P5 dengan Pagelaran Sendratasik

Oleh : rudiwd    2024-05-27 02:59:38   91
Share :

Kajen - Gelar karya projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) SMK Muhammadiyah Kajen (Muhamka) menjadi contoh nyata bagaimana sekolah dapat mengintegrasikan pendidikan karakter dan budaya lokal dalam Kurikulum Merdeka. Siswa diharapkan dapat menjadi generasi yang cerdas, kreatif, dan berkarakter Pancasila.

SMK Muhamka gelar karya P5 tema kearifan lokal dengan pagelaran seni drama, tari, dan musik atau biasa disebut dengan sendratasik bagi kelas X selama dua hari. (13-14/5/2024). Selain pagelaran sendratasik bagi kela X juga terdapat bazar kuliner tradisional yang diikuti oleh kelas XI. 
Demikian disampaikan oleh kepala SMK Muhamka Cipto Wiharso saat menghadiri acara yang digelar di halaman Gedung utama SMK Muhamka. 

"Acara ini merupakan program rutin sekolah yang mana menjadi wadah dan ajang siswa SMK Muhamka untuk mengembangkan dan menyalurkan kreativitas seni mereka, sekaligus menumbuhkan rasa percaya diri siswa saat tampil di atas panggung," ungkapannya.

Ditambahkan, pentas drama yang dibawakan anak lebih banyak berisi tema tentang budaya lokal, sehingga diharapkan anak-anak akan lebih mencintai dan mengambil pelajaran tentang budaya lokal dan cerita daerah, khususnya cerita Jawa.  

"Semua kegiatan untuk anak, yang kita nilai bukan hasilnya saja tapi prosesnya bagaimana mereka bertanggungjawab bekerjasama, karakter anak gotong royong kemandirian dan lain sebagainya yang kelak akan menjadi bekal untuk mereka selanjutnya," ujarnya.  

Di masa datang, diharapkan tampil para siswa yang mumpuni dan berprestasi, baik dari akademik,non akademik serta turut berprestasi dari seni dan budaya. Untuk menciptakan SDM unggul, sekolah juga terus mengembangkan pendidikan karakter menjadi generasi yang cerdas, kreatif, dan berkarakter Pancasila.

Sementara itu wakil kepala sekolah bidang kesiswaan Zabidin, di akhir pertunjukkan menyampaikan terimakasih kepada siswa kelas X dan XI, Guru Pembimbing, Walikelas dan panitia kegiatan atas terselenggaranya kegiatan ini.

"Semoga kedepannya acara ini akan lebih baik lagi, dapat menjaring bakat dan minat yang ada pada diri siswa," pungkas Zabidin.(rwd)