Warga SMK Muhamka Laksanakan Salat Kusuf

Oleh : rudy    2016-03-09 13:48:57   692
Share :

smkmuhamka.sch.id – Hari ini, Rabu (9/3/2016) guru, karyawandan siswa SMK Muhammadiyah Kajen (Muhamka) laksanakan salat gerhana atau salat kusuf di masjid raya Khuzaemah Kajen Kabupaten Pekalongan.
Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, Ir. Dul Sukur mengatakan pentingnya maksud dan tujuan dilaksanakannya salat kusuf bagi warga SMK Muhamka, “Sebagai umat islam sudah sepatutnya kita melaksanakan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT dan dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Hari ini kita melaksanakan salat kusuf atau salat gerhana yang diikuti oleh seluruh warga SMK Muhamka dan warga sekitar masjid, juga sebagai pendidikan kepada siswa tentang tuntunan salat.” Paparnya kepada tim website.
Sebelum dimulainya pelaksanaan salat kusuf, Drs. Sutono selaku takmir masjid Khuzaemah terlebih dahulu menjelaskan tata cara salat kusuf kepada para jamaah. Salat kusuf di masjid Khuzaemah dimulai pukul 07.10 WIB, dengan imam Ust. Affan Handi, Lc dan yang bertindak sebagai khotib adalah Drs. H. A Sulaiman. Dalam khutbahnya, khotib berpesan bahwa terjadinya gerhana matahari adalah salah satu tanda kebesaran Allah SWT, dan agar senantiasa mendekatkan diri padanya serta menjauhi segala tindakan – tindakan yang tidak sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW.
Sementara itu, Andrei Aditya, jamaah salat kusuf menyatakan kesenangannya dengan diadakannya salat gerhana ini, “saya sangat senang dengan kegiatan ini, kita bisa belajar bagaimana tata cara salat kusuf, salat yang jarang kita lakukan. Dan seperti apa yang disampaikan khotib, kita jadi mengerti akan kebesaran Allah SWT.” Kata jamaah yang juga siswa kelas XI TKJ 3 itu.