UPK Otomotif SMK Muhammadiyah Kajen Tahun 2016

Oleh : rudy    2016-02-22 14:38:45   1122
Share :

smkmuhamka.sch.id – Sebagai salah satu syarat kelulusan, Ujian Praktek Kejuruan (UPK) tingkat SMK mulai dilaksanakan. Jurusan Otomotif atau Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Muhammadiyah Kajen dilaksanakan UPK Otomotif mulai tanggal 8 hingga 29 Februari 2016.

Terkait tujuan UPK, Kepala Program Studi Otomotif, Budiono, S.T menyatakan, “Adapun tujuan UPK adalah untuk meningkatkan kwalitas lulusan yang kompeten dibidangnya dan sebagai penilaian guru dalam memberikan materi produktif, sudah sesuai dengan kompetensi kurikulum atau belum dan juga keselarasan materi DUDI (dunia usaha dan dunia industri)” jelasnya kepada tim website.

Pelaksanaan UPK Otomotif SMK Muhammadiyah Kajen tahun 2016 dilaksanakan mulai tanggal 8 hingga 29 Februari 2016, bertempat di lab otomotif SMK Muhammadiyah Kajen. Adapun pesertanya berjumlah 181 siswa dari jurusan TKR. Penguji UPK adalah guru – guru otomotif SMK Muhammadiyah Kajen. Dan materi yang diujikan adalah V1, yaitu tune up EFI, over houl mesin, over houl transmisi manual dan kelistrikan bodi.

Miftachudin, S.T selaku sekretaris jurusan otomotif SMK Muhammadiyah Kajen menambahkan, “Ada dua UPK, yaitu UPK internal dan UPK Eksternal. Materi yang diujikan sama tetapi dengan penguji eksternal, dari luar SMK, yaitu dari DUDI, ada Pak Tri Murtanto dan M. Subkhan dari Astra Internastional Cabang Pekalongan.” Jelasnya. UPK Eksternal di laksanakan Ahad (21/02/2016) lalu, mulai jam 08.00 WIB hingga 16.00 WIB, di lab otomotif SMK Muhammadiyah Kajen.

Salah satu peserta UPK, Hasbiyanto dari kelas XII TKR 1 menyatakan kesiapannya untuk mengikuti UPK, “Saya dan teman – teman yang lain Insyaallah sudah siap mengikuti UPK dan optimis mendapat hasil yang baik.” Ujar siswa yang pernah belajar di Thailand bersama Firman Maulana itu.