Tiga siswa tugas belajar di Chumpae Technical College, Thailand - SMK Muhammadiyah Kajen

Tiga siswa tugas belajar di Chumpae Technical College, Thailand

Oleh : arif    2016-02-19 10:21:01   302

Tiga siswa tugas belajar di Chumpae Technical College, Thailand

SMK Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan (17/02/2016) mengirimkan 3 siswa dan 1 guru pendamping, mengikuti pertukaran pelajar Indonesia-Thailand selama 2 bulan, 18 Februari hingga 18 April 2016. Wakil Kepala Sekolah, Cipto Wiyarso, ST yang bertugas mengantarkan Indra Herjunanto, Muhammad Iqbal dan  Ega Novianti, siswa kelas XI tiba Rabu malam di bandara Don Muang,  Bangkok. Dengan dijemput Mr. Sayan dan staf, langsung menuju Chumpae Techinical College.

Kerjasama antar SMK Asean, agar siap memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) era perdagangan bebas dan persaingan tenaga kerja antar negara ASEAN. SMK Muhammadiyah Kajen bertekad agar lulusannya memiliki kompetensi, mental displin dan wasasan luas  serta berdaya saing global. Selama di Thailand, bulan pertama, siswa kegiatan pokoknya belajar dan saling mengenalkan budaya masyarakat,  dan magang kerja pada industri otomotif bulan berikutnya. Mereka tinggal di asrama sekolah atau dormitory.

Kerjasama pembelajaran dan praktek Industri di Thailand, merupakan ralisasasi kemitraan dengan Chumpae Technical College atau sekolah kejuruan di Thailand. Penandatangan Action Plan dilakukan Kepala SMK Muhammadiyah Kajen dengan Direktur Chumpae Technical College, Kamis 3 Desember 2015 di Bangkok. Tujuh SMK Indonesia berhimpun dalam Consortium Automotive menyepakati Rencana Aksi Kerjasama dengan Technical Colleges pada sesi akhir Visiting Vacational Partnership.

Menurut M. Rustam Aji, SPd “selama 3 tahun kerjasama yang akan dilakukan adalah pertukaran guru dan siswa. SMK Muhammadiyah Kajen bersama 6 SMK Indonesia yang lain mengirimkan guru untuk bertugas mengajar/observasi selama 1-2 minggu  dan mengirimkan siswa selama 2 bulan untuk mengkuti pembelajaran dan praktek diberbagai industri di ke Thailand. Kegiatan guru mengajar dan siswa diakui sebagai pembelajaran.



Pengunjung
  • Hari ini 73
  • Kemarin 76
  • Bulan ini 1.523
  • Tahun ini 37.730
  • Hit counter hari ini 193
  • Total hit counter 634.485
  • Pengunjung Online 3