Teknik Elektronika, Pertama di Kabupaten Pekalongan - SMK Muhammadiyah Kajen

Teknik Elektronika, Pertama di Kabupaten Pekalongan

Oleh : rudy    2016-06-03 10:08:40   220

Lulusan Langsung Memiliki Sertifikasi Khusus

Penulis: Triyono & Redaktur: Dalal Muslimin

Radar Pekalongan, edisi Rabu, 1 Juni 2016

 

SMK Muhammadiyah Kajen (Muhammka) memiliki program Teknik Elektronika dan hanya ada di SMK Muhammka, dengan lulusan langsung memiliki sertifikasi keahlian khusus.

Teknik Elektronika SMK Muhammka berkompetensi dalam teknik audio video, dengan membekali peserta didik kompeten dan profesional pada keahlin elektronika. Seperti membut rekaman audio dan video, merakit peralatan audio seperti mixer, audio, amplifier, menginstal dan memperbaiki peralatan elektronika.

Tempat belajar yang didukung dengan tiga ruang laboratorium, diantaranya elektronika dasar, maintenance, dan produksi barang ini juga didukung oleh guru teknik yang kompeten dan berpengalaman. Fasilitas peralatan untuk praktek masing-masing anak sendiri-sendiri.

Ketua Program Teknik Elektronika SMK Muhammka, Rudi Lustio mengatakan selain alat praktek yang lengkap, pihaknya juga bekerjasama dengan bisnis center. Keunggulan Teknik ELektronika alumni bisa langsung melanjutkan ke Perguruan Tinggi dan bekerja disegala bidang. Sebab jurusan ini baik laki-laki atau perempuan banyak dibutuhkan dalam dunia industri terutama elektronika.

“Alumni juga siap menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea), dan sekarang lulusan langsung memiliki sertifikat dari Lembaga Sertigfkasi Profesi (LSP) standar internasional. Jadi mereka yang sudah memiliki sertifikasi siap bersaing, karena dalam era Mea ini tenaga kerja dari luar yang tak memiliki sertifikasi keahlian khusus dilarang masuk ke Indonesia,” katanya.

Untuk menyelurkan tenaga kerja, SMK Muhammka sudah menjalin kerjasama dengan industri terkemuka seperti PT Panasonik, TOA Jakarta, Politron dan produsen kamera. Untuk mengetahui kemampuan anak didik, pihaknya juga sering mengikutsertakan dalam lomba ditingkat Jateng bahkan nasional dengan mengikuti ajang robotika tranporter, lego, line dan folower.

“Untuk prestasi kita menduduki peringkat 1 tahun 2015 dalam lomba elektronika aplikasi dan kini mewakili Jateng ke tingkat nasional dengan mendapat rangking 10 besar,” imbuhnya. (yon)



Pengunjung
  • Hari ini 71
  • Kemarin 76
  • Bulan ini 1.521
  • Tahun ini 37.728
  • Hit counter hari ini 175
  • Total hit counter 634.467
  • Pengunjung Online 1