Selamat Berjuang di Level Nasional, Rozikin!

Oleh : rudy    2017-05-16 11:15:21   791
Share :

smkmuhamka.sch.id - Rozikin baru saja tiba di sekolah setelah lima jam perjalanan dari Bekasi. Ada semburat lelah yang nampak dari raut wajahnya. Bersama guru pembimbingnya, Wiyarto, S.Pd, Sang Jawara Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Elektronika Jawa Tengah ini menurunkan tas dan barang bawaan lainnya dari mobil.

Rozikin baru saja selesai mengikuti Traning Bersama Persiapan Lomba LKS Nasional di Bekasi, Jawa Barat. Acara tersebut berlangsung selama satu minggu, terhitung mulai 12-17 April 2017. Para juara LKS dari provinsi-provinsi se-Indonesia mendapat kesempatan mematangkan persiapan dalam acara ini. Tak tanggung-taggung, mereka digodok langsung oleh alumni Asian Skill Contest (ASC) dan World Skill Contest (WSC).

Rozikin akan mewakili Jawa Tengah mengikuti LKS SMK Tingkat Nasional ke 25 yang diselenggarakan mulai 19 – 24 Mei 2017 di Surakarta.

Semenjak sukses menjuarai LKS Elektronika tingkat provinsi, siswa bernama lengkap Muhamad Rozikin ini memang terus mengasah keterampilannya. Ia bertekad untuk menorehkan prestasi maksimal sebelum ia lulus dari SMK Muhammadiyah Kajen.

Masih jelas ingatan kita bagaimana baru saja meraih prestasi gemilang dengan berhasil menjadi juara satu di Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK XXV tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan di Surakarta beberapa waktu lalu.

Rudi Lustio,S.T selaku guru pembimbing Rozikin ini mengaku bangga dengan torehan prestasi anak didiknya, “Saya salut, bagaimana Rozikin membagi waktu antara sekolah regulernya, berlatih dan usahanya. Mentalnya adalah mental juara. Semangat dan selamat untuk Rozikin.” Ungkap kepala program studi program keahlian Teknik Elektronika SMK Muhamka itu.

Dia menambahkan, Rozikin ini meski baru pertama kali bertanding di LKS tingkat provinsi, tetapi mentalnya cukup kuat. “Rozikin bertarung diluar daerah, lawan berat semua. Selisih poin tipis – tipis. Tapi alhamdulillah, Rozikin bisa lalui semua jobnya dengan baik dan semoga Rozikin bisa mengharumkan nama Jawa tengah di LKS Nasional mewakili Provinsi di Surakarta nanti.” Pungkasnya.

Senada dengan Rudi, Kepala SMK Muhamka, M. Rustam Aji, S.Pd berharap Rozikin mampu meraih hasil maksimal di level nasional tahun 2017 ini,”Bismillah, semua telah dipersiapkan, semua telah maksimal dan siap bertanding. Semoga Allah berikan kemudahan dan kemenangan untuk Rozikin, SMK Muhamka dan Jawa Tengah.” Kata Aji.

Rozikin, Si Tukang Servis TV Menuju Kompetisi Nasional
Rozikin tumbuh dikeluarga sederhana, dikampungnya desa Randu Mukti Waren Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan, putra dari pasangan Nurhadi dan Warningsih ini dikenal sebagai anak yang rajin dan penuh semangat. Selain sekolah, dia juga hidup mandiri dengan berwirausaha.

Dirumahnya, Rozikin mempunyai kios sederhana jasa servis alat - alat eletronik, seperti televisi, radio, speaker dan alat elektronik lainnya.“Dia seperti anak muda pada umumnya, kegiatannya ya sekolah, bermain tetapi dia juga bekerja, itu yang membedakan Rozikin dengan lainnya.” Kata Adi Meluyo, teman satu kelasnya.

Menurut Adi, Salah satu keunggulan Rozikin adalah cepatnya dia memahami materi elektronika, sehingga ketika kami berlatih bersama, dia tidak mengalami kesulitan samasekali dan berhasil menjadi juara. Ujar juara LKS Provinsi Jawa Tengah tahun 2015 itu.

Rozikin menuturkan aktivitas kesehariannya dan harapan besarnya di LKS tingkat nasional tahun 2017 ini, “Saya punya usaha kecil kecilan, buka kios jasa servis televisi, radio dan lain lain dirumah, sepulang sekolah sekitar jam lima, saya lanjut buka lapak mulai ba’da maghrib hingga jam sembilan malam. Alhamdulillah, uangnya bisa buat jajan dan kebutuhan pribadi. Kalau biaya sekolah tetap orangtua. Dan saya mohon dukungan kepada seluruh masyarakat Jawa tengah agar saya bisa mengharumkan nama provinsi” ucapnya.