SMK Muhammadiyah Kajen Seleksi Siswa untuk Program Indo-Thai Students Exchange - SMK Muhammadiyah Kajen

SMK Muhammadiyah Kajen Seleksi Siswa untuk Program Indo-Thai Students Exchange

Oleh : rudy    2014-11-18 14:52:57   832

www.smkmuhamka.sch.id – Sebagai tindak lanjut dari kunjungan SMK/Politeknik Indonesia berhimpun untuk menjalin kesepakatan kerjasama dengan sekolah – sekolah kejuruan di Thailand beberapa waktu lalu,. Delapan SMK/Politeknik Indonesia  berhimpun dalam konsorsium keahlian otomotif menyepakati kerangka kerjasama dengan Technical College Thailand. SMK Muhammadiyah Kajen sebagai salah satu anggota konsorsium keahlian otomotif Indonesia –Thailand melakukan tahap – tahap lanjutan.

Salah satu program yang disepakati adalah tentang pertukaran pelajar Indonesia – Thailand. SMK Muhammadiyah Kajen mendapat kepercayaan untuk mengirim siswa terbaiknya untuk belajar di negara yang tekenal dengan julukan negeri gajah putih itu. Tahap awalnya adalah melakukan seleksi untuk mendapatkan nama – nama siswa yang siap diberangkatkan ke Thailand.

Dalam arahannya sebelum acara seleksi dimulai, Kepala sekolah SMK Muhammadiyah Kajen, Drs. Arif Rosyid menyampaikan tentang detail program ini. “Selama 3 tahun kerjasama yang akan dilakukan adalah pertukaran guru dan siswa. SMK Muhammadiyah Kajen bersama 7 SMK Indonesia yang lain mengirimkan guru untuk bertugas mengajar/observasi selama 1 bulan dan mengirimkan siswa selama 5 bulan untuk mengkuti pembelajaran dan praktek diberbagai industri di ke Thailand. Kegiatan guru mengajar dan siswa diakui sebagai pembelajaran.” Paparnya dihadapan para siswa seleksi.  Beliau menambahkan bahwa, kesempatan ini adalah sebuah sejarah baru. Semua siswa mempunyai kesempatan yang sama untuk belajar di Thailand.

M. Rustamaji, Wakil Menejemen Mutu yang juga sebagai ketua panitia seleksi Program Student Exchange Indo-Thai ini menjelaskan teknis jalannya seleksi. Tahap pertama adalah siswa diseleksi oleh walikelas, Kepala Program Studi Otomotif dan guru bahasa inggris. Tahap kedua adalah presentasi oleh 15 siswa terpilih perwakilan kelas, adapaun presentasi tentang EFI (Electronical Fuel Injection) dengan menggunakan bahasa Inggris yang dilakukan mulai Senin (17/11) kemarin. “Kemarin anak-anak presentasimenggunakan bahasa Inggris, dan hari ini (Selasa 18/11-red) kita lanjutkan dengan wawancara kepada peserta, menggunakan bahasa Indonesia juga bahasa Inggris. Untuk berikutnya kita ambil lima saja,untuk kemudian diambil dua siswa.” Ujarnya.

Siswa – siswa peserta juga sangat antusias dengan program ini dan sangat ingin mendapatkannya. Firman Maulana, siswa dari kelas XI TKR 1 dan juga salah satu peserta seleksi, mengungkapkan kebahagiaannya terkait dengan program Students Exchange ini. “ Saya sangat senang bisa menjadi bagian dari siswa yang diseleksi, saya sangat bersemangat mengikuti ini. Orangtua juga support penuh jika saya terpilih nanti.” Ungkapnya disela – sela kegiatan seleksi. Jika ingin terpilih dan terbang ke Thailand, Firman harus menyingkirkan setidaknya 13 siswa kompetitor lainnya.



Pengunjung
  • Hari ini 23
  • Kemarin 102
  • Bulan ini 1.301
  • Tahun ini 37.508
  • Hit counter hari ini 60
  • Total hit counter 633.755
  • Pengunjung Online 1