SMK Muhamka Gelar Pelatihan Jurnalistik - SMK Muhammadiyah Kajen

SMK Muhamka Gelar Pelatihan Jurnalistik

Oleh : rudy    2016-03-29 10:00:35   266

smkmuhamka.sch.id – SMK Muhammadiyah Kajen (Muhamka) selenggarakan pelatihan jurnalistik dan penyiaran radio pada Ahad (28/3/2016) di ruang E2 atau meeting room gedung utama SMK Muhammadiyah Kajen. Pelatihan yang diselenggarakan oleh sub-bidang publikasi dan komunikasi bidang Humas SMK Muhamka itu diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai tingkatan kelas.


Kepala SMK Muhammadiyah Kajen, M.Rustam Aji, S.Pd mengapresiasi acara ini, “Melalui pelatihan ini harapannya siswa – siswi SMK Muhammadiyah Kajen mempunyai ketrampilan menulis yang baik. Menjadi wartawan bagi dirinya sendiri, wartawan sekolah atau menjadi wartawan profesional. Juga yang suka foto – foto, akan diajari bagaimana memotret yang baik dan benar.” ujarnya saat memberikan sambutan pada acara pembukaan Pelatihan Jurnalistik 2016.
Pelatihan jurnalistik 2016 yang bertajuk Journalicious dengan tema “Merangkai kata lewat pena dan lensa” itu dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pelatihan jurnalistik dan penyiaran radio. Pertama adalah pelatihan jurnalistik dengan materi menulis berita dan jurnlistik foto, sedangkan sesi kedua adalah penyiaran radio.
Rudi Widianto, S.Pd ketua panitia acara ini mengatakan, “Seperti Pelatihan jurnalistik SMK Muhamka tahun lalu, tahun ini kita juga mengundang praktisi dan profesional di bidang jurnalistik. Ada Mas Triyono dan Mas Hadiyan dari harian Radar Pekalongan sebagai pemateri Jurnalistik. Sedangkan untuk materi penyiaran, kita undang Mbak Nuke Shavila, dia adalah penyiar senior dari Radio K-FM. Tujuan dari acara ini adalah pihak memfasilitasi dan membekali siswa tentang jurnalistik. Peserta juga mendapatkan sertifikat.” Paparnya kepada tim website.


Jalannya acara
Pelatihan Jurnalistik SMK Muhamka 2016 dibagi menjadi dua sesi, yang pertama jurnalistik sedangkan yang kedua adalah penyiaran radio. Di pandu Arif Lahmudin,S.Pd sebagai moderator, acara berjalan seru dan menarik. Peserta antusias dengan apa yang dipaparkan oleh Triyono dari Harian Radar Pekalongan untuk bidang penulisan berita, dibuktikan dengan banyaknya peserta yang bertanya seputar penulisan berita yang diajukan kepada narasumber. Sesi ini, ditutup dengan latihan menulis berita tentang kejadian yang ada disekitar sekolah. Masih di sesi pertama, setelah pelatihan penulisan berita selesai dilanjutkan dengan pelatihan jurnalistik foto. Hadiyan dari Harian Radar Pekalongan hadir sebagai narasumber untuk materi jurnalistik foto. Sebagian peserta masih awam tentang jurnalistik foto, penjelasan yang ringan dan komunikatif dari narasumber, membuat peserta tertarik dengan apa yang disampaikan.
Memasuki sesi kedua, yaitu pelatihan penyiaran radio dimulai pukul 13.00 WIB. Nuke Shavila, penyiar senior radio K-FM hadir sebagai narasumber terkait dunia penyiaran. Dipandu moderator Angga Setiyawan, S.Pd, acara sesi kedua berjalan tak kalah seru dengan sesi pertama. Setelah mendapat penjelasan kurang lebih satu setengah jam, peserta akan mempraktekkan apa yang telah dijelaskan. Sesi praktek ini menjadi salah satu yang paling menarik bagi peserta, dimana peserta harus berperan menjadi menjadi penyiar, reportase dan pembawa berita. Dengan berbagai gaya, peserta mencoba menjadi announcer, reporter dan news anchor yang disambut tepuk tangan dan gelak tawa peserta lainnya. Acara berikutnya dilanjutkan dengan kunjungan ke studio K-FM yang beralamat di jalan Mandurorejo no. 89 Kajen. Peserta diajak untuk masuk kedunia penyiaran radio sesungguhnya, melihat aktivitas yang ada di stasiun radio baik ruang penyiaran maupun ruang produksi.


Poppy Novitasari, salah seorang peserta pelatihan mengungkapkan kegembirannya atas keikutsertaannya di Pelatihan Jurnalistik ini, “Saya sangat senang dengan diadaknnya pelatihan ini, sangat bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan menulis, dan kunjungan ke stasiun radio itu adalah yang pertama bagi saya, saya senang.” Ujar peserta pelatihan yang juga siswa kelas X TKJ 1 itu.



Pengunjung
  • Hari ini 24
  • Kemarin 102
  • Bulan ini 1.302
  • Tahun ini 37.509
  • Hit counter hari ini 104
  • Total hit counter 633.799
  • Pengunjung Online 1