Presentasi Sekolah Dalam Rangka Kunjungan GIZ-PAKLIM - SMK Muhammadiyah Kajen

Presentasi Sekolah Dalam Rangka Kunjungan GIZ-PAKLIM

Oleh : rudy    2014-10-27 20:26:49   487

www.smkmuhamka.sch.id - Kementrian Lingkungan Hidup bersama GIZ-PAKLIM (LSM yang berbasis di Jerman) melakukan pemetaan lingkungan sekolah guna menunjang pelaksanaan Education for Sustainable Development (pendidikan untuk pembangunan yang berkelanjutan) pada jenjang sekolah menengah di SMK Muhammadiyah Kajen.  Ruang lingkup kegiatan bersama ini meliputi antara lain: lingkungan hidup, green school, daur ulang, global warming dan sosial ekonomi.

Acara pada hari ini (27/10) adalah acara lanjutan dari kunjungan GIZ-PAKLIM yang telah dimulai sejak beberapa bulan yang lalu. “Ini adalah kunjungan ke 4 oleh GIZ-PAKLIM, dimulai dari Presentasi Pemaparan Program Sekolah, Eco-Mapping (Pemetaan), Workshop Green School, dan hari ini Presentasi dari pihak sekolah untuk kemudian dilanjutkan workshop di bulan November nanti.” Papar Ir. Dulsukur, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan juga ketua program green school SMK Muhammadiyah Kajen.

Mengambil tempat di ruang E2 Gedung E, acara dimulai dari pukul 08.00 WIB dengan sambutan dari pihak GIZ-PAKLIM, yang diwakili oleh Riana dan Diah dari Jakarta. Untuk kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari pihak sekolah yang diwakili oleh M. Rustamaji, S.Pd. dan kemudian dilanjutkan ke acara inti yakni Presentasi Sekolah oleh Ir. Dulsukur dibantu oleh siswa. Ir. Dulsukur dibantu oleh Bekti Rahajo, siswa kelas XII TKR 4 mempresentasikan tentang capaian program sekolah terkait dengan program Green School ini. Acara presentasi ini sendiri dihadiri oleh 28 peserta yang terdiri dari siswa dan guru.

Bayu Dwi Andrean, siswa kelas XI TKJ 1 yang menjadi peserta acara ini menyampaikan kegembiraannya atas partisipasinya di acara ini. “ Saya dan teman – teman sangat senang dengan program Green School ini. Kita jadi banyak belajar tentang pentingnya merawat lingkungan. Tentang bagaimana pengelolaan sampah dan aksi – aksi cinta lingkungan lainnya.”

Program Green School oleh GIZ-PAKLIM ini hanya di lakukan oleh beberapa sekolah pilihan di wilayah Kabupaten Pekalongan, diantaranya ; SMA N Kajen, SMA N Bojong, SMK N Sragi dan SMK Muhammadiyah Kajen adalah satu – satunya sekolah swasta di Jawa Tengah yang menjalankan program Green School ini.

Sementara itu, dari Pihak GIZ-PAKLIM menyatakan adanya progress yang signifikan terkait dengan program Green School di SMK Muhammadiyah Kajen. Apa yang dilakukan oleh warga SMK Muhammadiyah Kajen baik siswa, guru maupun karyawan sudah melaksanakan program Green School sebagai bukti aksi nyata perilaku cinta lingkungan.



Pengunjung
  • Hari ini 23
  • Kemarin 102
  • Bulan ini 1.301
  • Tahun ini 37.508
  • Hit counter hari ini 66
  • Total hit counter 633.761
  • Pengunjung Online 1