Pekalongan Menjadi Tuan Rumah LKS SMK XXIV Tingkat Provinsi - SMK Muhammadiyah Kajen

Pekalongan Menjadi Tuan Rumah LKS SMK XXIV Tingkat Provinsi

Oleh : rudy    2015-09-14 10:37:15   492

www.smkmuhamka.sch.id – Lomba Ketrampilan Siswa (LKS) adalah kompetisi tahunan antar siswa pada jenjang SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan pada SMK peserta. LKS ini setara dengan OSN (Olimpiade Sains Nasional) yang diadakan di SMP/SMA. Pemenang LKS tingkat Nasional akan mewakili Indonesia ke ASEAN Skills (Kompetisi Keahlian tingkat ASEAN) dan World Skills International Competition (Kompetisi Keahlian tingkat Dunia). Siswa yang mengikuti LKS adalah siswa yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan provinsi dan karenanya adalah siswa-siswa terbaik dari provinsinya masing-masing. Lomba Kompetensi Siswa diadakan setiap tahunnya.

Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada kompetisi keahlian tingkat internasional. ( lksjateng.or.id )  Pelaksanaan LKS SMK tingkat provinsi Jawa Tengah telah memasuki tahun ke 24, Setelah kota Magelang sukses sebagai tuan rumah tahun lalu, kini kota Pekalongan sebagai tuan rumah. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Dinas Pendidikan Bekerja Sama Dengan Pemerintah Kota Pekalongan Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olah Raga menjadi penyelenggara LKS tahun 2015 ini.

Sekretariat Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK XXIV Tingkat Adalah SMK Negeri 2 Pekalongan, Jl. Perintis Kemerdekaan No.29 Pekalongan. Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Provinsi Jawa Tengah meliputi 6 Bidang Lomba 50 mata lomba. Pekalongan akan menggelar 19 mata lomba sedangkan mata lomba lainnya akan digelar di SMK – SMK di karesidenan Pekalongan. Selain lomba itu sendiri, LKS tingkat provinsi ini juga akan diselenggarakan seminar pendidikan dan expo SMK yang berlokasi GOR Jetayu Kota Pekalongan. Acara akan dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah Senin malam di GOR Jetayu.  Sekretaris Panitia, Triyono MPd, menuturkan, lomba ini akan diikuti oleh 879 siswa dari berbagai SMK di 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah. “Rencananya, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo akan membuka secara langsung lomba ini, di Lapangan Jetayu,” katanya, (http://www.radarpekalongan.com)  Dengan mengusung tema Mewujudkan Revolusi Mental Membangun Manusia Indonesia Berkarakter dan Berdaya Saing Global melalui LKS SMK XXIV Provinsi Jawa Tengah yang Kompetitif, Kreatif dan Inovatif, LKS tahun ini akan dilaksanakan mulai tanggal 14 hingga 17 September 2015. Berbagai mata lomba keahlian akan di perlombakan yang tersebar dipelbagai SMK di kota dan kabupaten Pekalongan. LKS XXIV ini juga menggunakan moto Berkarya dan berinovasi mengasah kompetensi menggapai prestasi menyongsong MEA SMK Bisa.  

SMK Muhammadiyah Kajen sebagai sekolah kejuruan terbesar di kabupaten Pekalongan mendapat kehormatan sebagai tempat pelaksanaan dua mata lomba LKS tingkat provinsi Jawa Tengah ini, yaitu Electrical application (Elektronika) dan Chemistry (Kimia). Mengambil venue perlombaan di laboratorium elektronika kampus utama SMK Muhammadiyah Kajen di jalan Pahlawan Gejlik Kajen untuk mata lomba Electrical Application, sedangkan untuk mata lomba Chemistry mengambil tempat di kampus 2 gedung F, berlokasi 100 meter dari gedung utama. Kordinator untuk mata lomba elektronika adalah Rudi Lustiyo, S.T dan Kordinator mata lomba kimia adalah Atmi Widiastuti,S.T. keduanya adalah guru produktif SMK Muhammadiyah Kajen. 



Pengunjung
  • Hari ini 26
  • Kemarin 102
  • Bulan ini 1.305
  • Tahun ini 37.512
  • Hit counter hari ini 148
  • Total hit counter 633.843
  • Pengunjung Online 1