Kemah Seni Budaya, SMK Muhamka Sabet Dua Penghargaan - SMK Muhammadiyah Kajen

Kemah Seni Budaya, SMK Muhamka Sabet Dua Penghargaan

Oleh : angga    2014-11-03 05:45:08   439

Isi Berita

Prestasi gemilang kembali ditorehkan putra-putri SMK Muhammadiyah Kajen. Dalam kegiatan Kemah Seni Budaya pekan lalu, tim SMK Muhamka berhasil memboyong dua penghargaan. Dua penghargaan tersebut berasal dari kategori kostum fantasi terbaik dan juara ke-3 permainan tradisonal kategori bakyak tandem.

Berlokasi di lapangan Dukuh Sengkarang Desa Karanggondang Kecamatan Karanganyar, acara kemah budaya digelar dengan cukup meriah. Selama tiga hari kegiatan tersebut (29-31/10), peserta yang berasal dari delegasi SMA/ SMK se-Kabupaten Pekalongan ini mendapatkan berbagai pelatihan kesenian dan sajian pertunjukan kesenian tradisonal seperti wayang kulit dan sintren. Rentetan kegiatan tersebut merepresentasikan tema yag diusung, yaitu “Peran Seni Budaya sebagai Penguat Watak Karakter Bangsa dalam Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Menghadapi Era Globalisasi”.

Rumusan tema tersebut senada dengan pesan yang disampaikan Bupati Pekalongan Ahmad Antono yang secara langsung membuka kegiatan tersebut. Dalam sambutan yang disampaikan, Antono berpesan bahwa sudah menjadi tugas generasi muda untuk senantiasa “nguri-uri” budaya lokal. “Budaya hendakya menjadi fondasi dalam kehidupan sekaligus menjadi nafas dalam setiap pergaulan”, paparnya.

Selain kegiatan pelatihan seni dan pertunjukan bagi peserta, acara kemah seni budaya juga melibatkan partisipasi warga sekitar melaui kegiatan Merti Desa. Merti desa merupakan upacara adat yang sering juga disebut upacara bersih desa, sebagai simbol rasa syukur masyarakat atas segala limpaha rahmat Sang Mahakuasa. Kegiatan ini dirangkaikan dengan diskusi budaya bersama narasumber Dr. Agus Maladi Irianto (Dekan FIB Undip), Dr. Widodo (Dosen Jurusan Bahasa Jawa Unnes), Bupati Pekalongan Ahmad Antono, serta Angelia, seorang mahasiswi Unnes berkebangsaan Amerika yang menekuni seni karawitan.



Pengunjung
  • Hari ini 78
  • Kemarin 76
  • Bulan ini 1.528
  • Tahun ini 37.735
  • Hit counter hari ini 288
  • Total hit counter 634.580
  • Pengunjung Online 1