GIZ Pantau Audit Internal Program Eco-Mapping SMK Muhamka - SMK Muhammadiyah Kajen

GIZ Pantau Audit Internal Program Eco-Mapping SMK Muhamka

Oleh : angga    2015-02-20 10:24:39   306

Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ)-PAKLIM kembali mengunjugi SMK Muhammadiyah Kajen pada Rabu, 18/2. Kunjungan yang kelima ini merupakan rangkaian akhir dari program pendampingan Eco-Mapping oleh lembaga kerjasama Jerman-Indonesia tersebut.

Dalam kunjunan kali ini, GIZ melakukan pemantauan terhadap program Eco Mapping yang telah berlangsung sejak bulan Mei 2014. Melalui audit internal yag dilakukan SMK Muhamadiyah Kajen GIZ memantau sejauh mana program ini telah berjalan sesuai yang telah diprogramkan pada awal pendampingan.

“Melaui audit internal ini kami ingin melihat sejauh mana program eco-mapping di sini berjalan sekaligus memantau konsistensi SMK Muhamka dalam menjalakan program ini ke depan” Ujar Bapak Ridwan, delegasi dari GIZ Jakarta.

Program audit internal ini melibatkan sejumlah guru dan siswa. Secara teknis, 14 auditor yang terdiri atas 10 guru dan 4 siswa akan mengaudit sejumlah guru dan siswa auditee sesuai dengan target yang telah ditetapkan sebelumnya meliputi penghematan energi, air, dan ruang terbuka hijau.

Kepala SMK Muhammadiyah Kajen, Drs Arif Rosyid dalam sambutannya mengatakan, pelaksanan audit internal ini bertujuan untuk melihat sejauh mana program ini berlangsung sesuai harapan sekaligus mengukur keberhasilan dan ketercapaian dari target-target yang telah dicanangkan.

Sebagai salah satu sekolah pilot program eco –mapping (GIZ)-PAKLIM, SMK Muhammadiyah Kajen bersama 14 sekolah lain se-Indonesia akan terus dipantau perkembangan aksi-aksi lingkungan yang telah direncanakan. Adapun SMK Muhamadiyah Kajen sendiri mencanagkan tga program ungulan, diantaranya; (1) menghemat pemakaian listrik sebesar 30%, (2) menurunkan produksi sampah sebesar 25%, dan (3) membuat ruang terbuka hijau 40% dari area sekolah.



Pengunjung
  • Hari ini 24
  • Kemarin 102
  • Bulan ini 1.302
  • Tahun ini 37.509
  • Hit counter hari ini 130
  • Total hit counter 633.825
  • Pengunjung Online 1