30 Siswa Ikuti Pelatihan Jurnalistik dan Penyiaran - SMK Muhammadiyah Kajen

30 Siswa Ikuti Pelatihan Jurnalistik dan Penyiaran

Oleh : rudy    2014-11-03 15:28:00   330

www.smkmuhamka.sch.id – Dalam rangka mengembangkan minat dan bakat siswa terkait dunia jurnalistik dan penyiaran, Bidang Humas SMK Muhammadiyah Kajen dan PPL Unikal selenggarakan Pelatihan Jurnalistik dan Penyiaran (1/11). Bertempat di ruang bussiness center atau E1 Gedung Utama, siswa sangat antusias mengikuti jalannya pelatihan.

Asep Widiyanto, S.T, selaku wakil kepala sekolah bidang Humas dalam sambutannya menyampaikan betapa pentingnya siswa untuk mampu menulis dan menyampaikan gagasan ilmiah melalui media tulis. “Banyak manfaat dari kegiatan ini, ini adalah yang ke tiga kita selenggarakan acara pelatihan semacam ini. Anak – anak dikenalkan sejak dini tentang budaya menulis, agar tidak terjadi ugal – ugalan berpendapat. Tetapi mereka digiring menjadi anak muda yang kreatif dan ilmiah.” Paparnya di hadapan peserta pelatihan.

Hadir sebagai pemateri Muhammad Hadiyan dari Radar Pekalongan. Seorang wartawan, penulis, blogger yang juga pembina pers kampus, jurnalis muda dengan gaya penyampaiannya yang komunikatif dan mudah dimengerti oleh siswa/peserta. Dimulai jam 09.00 WIB, Hadiyan secara maraton menyampaikan materi – materi kejurnalistikan dengan sistematis dan menarik. Siswa berlatih bagaimana membuat berita dari sebuah peristiwa yang disajikan, tentu dengan kaidah – kaidah jurnalistik yang sudah dipaparkan.

Acaranya sendiri dibagi menjadi dua sesi, yang pertama adalah pelatihan jurnalistik dengan pemateri M. Hadiyan, sesi dua adalah pelatihan penyiaran dengan pemateri mahasiswa – mahasiswa PPL Unikal yang kebetulan berprofesi sebagai penyiar.

Di sesi kedua ini, siswa ditantang untuk siaran laiknya penyiar profesional. Setelah mendapat materi tentang teknik – teknik dasar penyiaran, siswa langsung mempraktekan bagaimana menjadi seorang penyiar radio. Dan kami mencatat ada beberapa siswa yang ternyata cukup potensial menjadi seorang penyiar. SMK Muhammadiyah Kajen mempunyai radio, walaupun baru di level komunitas tetapi untuk standar kwalitas terus ditingkatkan. Untuk tahun ini, studio siaran radio RESS FM telah menempati ruang sendiri yang presentatif dengan pengembangan alat siar.



Pengunjung
  • Hari ini 24
  • Kemarin 102
  • Bulan ini 1.302
  • Tahun ini 37.509
  • Hit counter hari ini 94
  • Total hit counter 633.789
  • Pengunjung Online 1