Kreasi Pot Unik Limbah Handuk Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mapel PKK - SMK Muhammadiyah Kajen

Kreasi Pot Unik Limbah Handuk Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mapel PKK

Oleh : hery    2023-01-26 08:21:23   1568

Oleh : Rul'Ayati

Produk Kreatif dan Kewirausahaan(PKK) merupakan mata pelajaran yang bertujuan agar peserta didik dapat mengaktualisasikan diri dalam perilaku berwirausaha, terlebih lagi bagi siswa SMK yang diharapkan memiliki bekal keterampilan lebih nyata. Mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi minat wirausaha siswa. Manfaat dari pendidikan kewirausahaan ini adalah mendorong keberanian dalam rangka menciptakan lapangan kerja bagi diri sendiri dan orang lain.

Motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan bisa dibilang lemah karena di mata pelajaran PKK ini banyak tantangannya. Berdasarkan hasil observasi, ternyata siswa lebih cenderung menyukai pembelajaran yang dilakukan di luar kelas. Pembelajaran di luar kelas ini diharapkan mampu menambah pengalaman, mampu memunculkan ide kreatif serta berpikir kritis bagi siswa. Hasil belajar siswa adalah perubahan yang terjadi setelah mengikuti suatu proses pembelajaran baik berupa nilai ataupun tingkah laku.

Dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa SMK MUHAMMADIYAH KAJEN pada mata pelajaran PKK(Produk Kreatif dan Kewirausahaan) bersama kelas XII TKR 1 berhasil memanfaatkan atau cara membuat produk yang memiliki nilai jual meskipun berasal dari limbah, yaitu limbah kain atau handuk bekas limbah merupakan sisa atau buangan dari hasil proses produksi, baik dari industri maupun rumah tangga.

Banyak masyarakat yang mengatakan bahwa limbah yang ada tidak dapat digunakan kembali dan dimanfaatkan kembali. Pernyataan tersebut tidaklah sepenuhnya benar, karena masih ada limbah yang dapat digunakan kembali bahkan memiliki nilai jual yang tinggi.

Salah satu contohnya adalah pot yang terbuat dari limbah handuk bekas yang tentunya dikolaborasikan dengan semen serta bahan lain seperti botol bekas dan lain-lain. Salah satu alasan kenapa pemanfaatan dari limbah handuk bekas ini muncul karena handuk bekas dapat mengurangi dampak negatif dari keberadaan kain atau handuk bekas yang dapat menyebabkan akumulasi limbah kering. Pada mata pelajaran PKK ini siswa lebih antusias dan menyukai pembelajaran PJBL. Pembelajaran berbasis proyek (PJBL) merupakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan siswa untuk mengerjakan suatu proyek yang bermanfaat untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan . Adapun kelebihannya keterampilan yang dimiliki mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik, dikarenakan mereka lebih leluasa memunculkan ide kreatifnya serta siswa secara psikomotorik cenderung lebih cepat menangkap materi lewat pembelajaran praktik.