9 Fitur Keren di Mobil Keluaran Tahun 2014 - SMK Muhammadiyah Kajen

9 Fitur Keren di Mobil Keluaran Tahun 2014

Oleh : rustam    2014-01-04 09:12:31   722

Dunia otomotif dipenuhi dengan berbagai inovasi dari masing-masing pabrikan yang langsung mengubah cara pengendara berinteraksi dengan kendaraan mereka.
Berbagai fitur unik baik itu fitur kenyamanan, keamanan, keselamatan, dan fitur di mesin sudah diperkenalkan pabrikan dan menjadi fitur standar.
Sebut saja seperti AC, power locks dan windows, kontrol audio pada setir dan tak lupa koneksi Bluetooth yang memungkinkan kita bisa menggunakan telepon tanpa kehilangan konsentrasi menyetir. Nah kini ada beberapa fitur baru yang kemungkinan besar bakal menjadi fitur standar di tahun depan. Berikut daftarnya seperti dirilis Forbes:

 

1. Auto Lane Keeping

Mobil-mobil mewah seperti Infiniti dan Mercedes-Benz selangkah lagi menjadi mobil yang bisa melaju sendiri atau autopilot berkat sistem ini.
Sistem yang dinamai Auto Lane Keeping ini memiliki berbagai kamera dan sensor untuk menjaga kendaraan tetap di lajurnya. Dan jika kendaraan tiba-tiba bergerak ke luar lajur, secara otomatis sistem akan memutar setir agar mobil tetap pada lajurnya.

 

2. Automatic Brake Hold

Bayangkan Anda tengah berada di perlintasan kereta api, namun kereta tak kunjung melintas, atau Anda tengah berada di lampu merah, tetapi lampu hijau tak kunjung menyala.
Brake Hold merupakan salah satu fitur pada kendaraan Acura RLX khususnya yang cocok digunakan di perkotaan, dimana Anda harus terpaksa sering berhenti. Fitur ini cocok bagi Anda yang malas menarik tuas rem tangan.
Tinggal menekan tombol Hold saja, maka ketika Anda menginjak rem, sistem akan menahan rem, dan menjaga kendaraan tetap diam meski kaki kita sudah tidak lagi menginjak rem. Brake Hold bisa menjaga kendaraan tidak bergerak sampai 10 menit tanpa si pengendara harus menginjak pedal rem.

 

3. HondaVAC

Satu lagi inovasi dari Honda adalah vacuum cleaner dalam kendaraan. Fitur ini terdapat pada Honda Odyssey yang ditempatkan di bagian bagasi.
Meski ditempatkan di bagian belakang, selangnya cukup panjang sehingga bisa dipakai untuk membersihkan bagian kabin lainnya.

 

4. Pegangan pintu tersembunyi

Demi menjaga kemurnian desain, Jaguar F-Type memiliki pegangan pintu yang bisa disembunyikan di bodi mobilnya.
Gagang pintu baru muncul ketika kita memegang kendaraan atau membuka kendaraan dengan menggunakan remote kunci.
Begitu mobil melaju, pegangan pintu itu akan tertarik lagi ke dalam bodi mobil. Jadi menambah aerodinamika kendaraan.

 

5. Pijatan ala Batu Panas

Sebagai mobil untuk para eksekutif,  Mercedes-Benz S-Class model terbaru memiliki fitur penghangat di joknya. Suasana kabin pun bakal menjadi seperti sedang berada di tempat pijat  shiatsu.
Di kursi jok setidaknya ada 14 bantalan udara yang bisa diatur dan menstimulasi pijatan batu panas ala shiatsu.

 

6. Kaca Jendela Anti-air

Seperti namanya, sedan KIA Cadenza memiliki jendela samping yang seperti bulu bebek yang menolak air. Hal ini akan membuat pandangan dari dalam mobil ke luar mobil tetap terjaga saat hujan turun deras.

 

 7. i-ELOOP

Sistem yang baru ditawarkan pada sedan Mazda6. Fitur ini mirip dengan fitur yang ada di mobil-mobil hybrid. Sistem menggunakan energi kinetik yang terbuang selama proses pengereman kemudian menyimpannya dalam komponen elektrik kendaraan, seperti lampu utama, AC, atau Audio untuk menjaga kendaraan tetap irit.

 

8. i-Key

Mobil mewah Infiniti Q50 membuat pengendaranya bisa memodifikasi berbagai parameter di kendaraannya.
Hanya dengan mengenali pengemudi lewat kunci kendaraan, mobil dengan otomatis akan menyesuaikan jok, spion, dan AC agar cocok dengan pengemudi.

 

9. Perlindungan Pejalan Kaki

Satu lagi teknologi yang bakal menjadi umum adalah perlindungan pejalan kaki dan pesepeda.
Sistem dari Volvo ini bisa mencegah kecelakaan dengan pejalan kaki dan pesepeda. Fitur tersedia di sedan S60 dan crossover XC60. Sistem ini akan mengingatkan pengendara jika ada pejalan kaki atau pesepeda yang tiba-tiba muncul di depan kendaraan.
Sistem akan langsung menekan pedal rem, jika pengendara tidak bereaksi dengan cepat.

 

 



Pengunjung
  • Hari ini 53
  • Kemarin 130
  • Bulan ini 1.725
  • Tahun ini 37.932
  • Hit counter hari ini 162
  • Total hit counter 635.089
  • Pengunjung Online 1