4 Bumbu dapur ini ampuh menangkal kanker! - SMK Muhammadiyah Kajen

4 Bumbu dapur ini ampuh menangkal kanker!

Oleh : hkismis    2013-12-10 23:22:41   491

Bumbu dapur dan rempah-rempah tak hanya bisa membuat masakan menjadi semakin sedap, tetapi juga memiliki khasiat untuk menangkal kanker. Namun tentunya tak semua bumbu dapur bisa mencegah kanker.
Berikut ini adalah beberapa jenis bumbu dapur dan rempah-rempah yang memiliki khasiat untuk menangkal kanker, seperti dilansir oleh Daily Health Post (09/12).

1. Kunyit

Kunyit telah digunakan dalam waktu yang lama di India sebagai antiseptik dan antibakteri. Kunyit juga digunakan untuk menyembuhkan infeksi, peradangan, menyembuhkan luka, mengatasi masalah pencernaan, dan lainnya. Namun penelitian juga menunjukkan bahwa kunyit mengandung curcumin yang bisa mencegah pertumbuhan sel kanker, termasuk kanker payudara, kanker otak, usus, lever, pankreas, prostat, ginjal, leukemia, kanker ovarium, dan lainnya!

2. Oregano


Oregano mengandung antioksidan yang cukup tinggi dan zat antimikroba. Satu sendok teh oregano memiliki kekuatan antioksidan yang tinggi dan hampir sama dengan dua cangkir anggur merah. Oregano juga diketahui mengandung quercetin yang mencegah pertumbuhan kanker.

3. Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang memiliki zat anti-kanker yang cukup kuat. Penelitian di seluruh dunia menunjukkan bahwa bawang putih bisa menurunkan risiko terkena kanker apapun terutama kanker perut, usus besar, dan prostat. WHO merekomendasikan orang dewasa untuk mengonsumsi bawang putih segar sehari sekali.

4. Cabai cayenne

Cabai cayenne adalah salah satu jenis cabai yang diketahui mengandung capsaicin. Capsaicin adalah bahan aktif dalam cabai yang bisa membuat lidah terbakar saat memakannya. Namun capsaicin juga bisa membunuh sel kanker. Semakin pedas cabai, semakin banyak juga kandungan capsaicin di dalamnya.
Itulah beberapa bumbu dapur yang ternyata tak hanya bisa digunakan dalam masakan, melainkan juga bisa membantu Anda mencegah kanker!

 

Sumber : merdeka.com



Pengunjung
  • Hari ini 68
  • Kemarin 130
  • Bulan ini 1.740
  • Tahun ini 37.947
  • Hit counter hari ini 279
  • Total hit counter 635.206
  • Pengunjung Online 1