tips wawanacara kerja - SMK Muhammadiyah Kajen

tips wawanacara kerja

Oleh : rizki    2014-01-04 09:14:45   178

smkmuhamka.sch.id

Proses menghadapi wawancara sering sekali begitu menegangkan bagi orang yang baru terjun dalam dunia kerja, setelah lulus dibangku sekolah menengah atas atau perkuliahan. Begitu juga dengan saya, saat pertama kali menghadapi wawancara kerja disalah satu perusahaan swasta. Ketika itu saya masih lugu (lutung gunung kali ya :D) dan belum banyak referensi serta kiat dalam menghadapi interviewer pada saat wawanca, sehingga kegagalan itu saya alami. Namun seiring waktu dan belajar dari kegagalan, saya menemukan tips yang akan saya sampaikan kepada Anda agar sahabat Super-Bee tidak mengalami kegagalan yang pernah saya alami.

Sebelum wawancara ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan lakukan diantaranya yaitu :

  1.  Pakaian

    Pilihlah pakaian yang formil dan sewajarnya serta pakaian yang berwarna terang akan tetapi tidak norak, pakaian yang gelap memiliki penilaian yang negatif oleh interviewer (pewancara). Untuk pria, anda dapat menggunakan pakaian lengan panjang warna putih, cream, ungu, biru muda atau kemeja yang motifnya garis dan jangan sesekali memakai celana yang berbahan jens karena tidak mengesankan keprofesionalan kita. Sedangkan untuk wanita anda dapat mengunakan tengtop atau daster :d becanda.. Aduh.

    Saya lupa nama bajunya, pokoknya yang wajar lah dan make-upnya juga jangan berlebihan, karena nanti akan menjadi penilaian yang buruk bagi anda (ni orang mau kondangan atau mau cari kerja ya ?) seperti itulah kira-kira penilaiannya. Untuk bawahannya anda dapat memakai celana panjang yang berbahan keper, atau sejenisnya. Disamping itu anda juga bisa memakai rok, tapi jangan terlalu pendek. (Kalau terlalu pendek, jangankan interviewernya saya juga mau, hehehe)

  2. Tepat waktu
  3. Pelajari perusahaan itu sebelumnya
  4. Jangan menjelekkan bos Anda terdahulu atau mantan bos Anda
  5. Jangan katakan Anda berbohong harus ke dokter agar bisa datang untuk wawancara
  6. Usahakan menunjukkan perilaku terbaik sebelum dan sesudah wawancara. Resepsionis dan sekretaris mungkin ikut memberikan kesan atau pendapat mereka tentang Anda.
  7. Jangan menganggap pewawancara sudah membaca CV Anda.
  8. Jaga respon atau jawaban singkat dan padat. Jangan bertele-tele atau basa basi.
  9. Pastikan jawaban Anda mencerminkan kepribadian Anda yang sebenarnya agar tidak terkesan palsu.
  10. Ajukan beberapa pertanyaan misalnya tentang pelatihan atau prospek promosi.
  11. Berjabat tanganlah dengan pewancara secara profesional setelah wawancara berakhir (baca 6 teknik berjabat tangan secara profesional)

Disamping persiapan diatas, ada hal lain yang Anda harus persiapkan, yaitu jawaban atas kemungkinan pertanyaan yang akan ditanyakan oleh para interviewer. Nah, berikut ini merupakan gambaran pertanyaan yang sering ditanyakan oleh si pewancara yang dapat Anda persiapkan jawabannya pada posisi atau jabatan tertentu.



Pengunjung
  • Hari ini 73
  • Kemarin 76
  • Bulan ini 1.523
  • Tahun ini 37.730
  • Hit counter hari ini 189
  • Total hit counter 634.481
  • Pengunjung Online 3