Uji Sertifikasi Kompetensi Untuk Kelas XII

Oleh : rudy    2016-04-22 08:20:47   874
Share :

smkmuhamka.sch.id – “Uji Sertifikasi Kompetensi (USK) bertujuan untuk membekali siswa setelah lulus untuk menjadi mekanik handal” Ujar Budiono, S.T, kepala program studi Otomotif SMK Muhammadiyah Kajen (Muhamka) kepada tim website beberapa waktu yang lalu.

                USK yang yang dilakukan oleh DSSC PBD (Daihatsu) itu diikuti oleh 20 siswa jurusan otomotif SMK Muhamka mulai dari kelas XII TKR 1 sampai XII TKR 5. Diselenggarakan pada Sabtu – Ahad (16-17/4/2016) di laboratorium otomotif SMK Muhamka, adapun materi yang diujikan adalah perawatan berkala 20.000 km, yang meliputi electrical lift, sistem rem, under carrer, tune up EFI, dan pengukuran blok silinder.

                Budi menambahkan, untuk siswa yang mengikuti program ini nilai UPK minimal 80. “Ini program hanya untuk siswa – siswa yang siap dan nilai minimal UPKnya adalah 80, tidak bisa asal ikut begitu saja.” Katanya. “Dan program ini hanya untuk sekolah – sekolah yang lulus akreditasi dari Daihatsu oleh Tim Pintar Bersama Daihatsu (PBD), dan SMK Muhamka adalah salah satu sekolah yang lulus akreditasi. Setidaknya ada 12 sekolah yang lulus akreditasi PBD” pungkasnya. Bagi siswa yang dinyatakan lulus akan mendapatkan sertifikat Technician yang berlaku internasional.

                Sedangkan untuk penguji atau asesornya adalah Fajar Fitria H dari Training Center PT. AIDSO dan Supriyanto dari tim PBD.