Rozikin Juara 3 LKS SMK Tingkat Nasional 2017 - SMK Muhammadiyah Kajen

Rozikin Juara 3 LKS SMK Tingkat Nasional 2017

Oleh : rudy    2017-05-23 15:46:33   714


smkmuhamka.sch.id - Gelaran Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS SMK) ke-25 tahun 2017 tingkat nasional baru saja usai. Lomba yang digelar di kota Solo, Senin – Sabtu (15-20/5) memberikan kesan mendalam kepada 1.111 siswa peserta lomba LKS SMK yang berasal dari seluruh Indonesia. Tak terkecuali M. Rozikin, siswa SMK Muhammadiyah Kajen (Muhamka) yang mewakili Provinsi Jawa Tengah untuk mata lomba electronic application di LKS SMK ke-25 tahun 2017.

  1. Rozikin berhasil meraih juara tiga di LKS SMK ke-25 tahun 2017 untuk mata lomba electronic application. Siswa Jurusan Teknik Elektronika itu berhasil masuk tiga besar diantara 28 peserta dari 28 Provinsi, dibawah peserta dari Jawa Timur, DKI dan DIY dan berhak atas medali perunggu, trofi dan uang pembinaan senilai lima juta rupiah.

Juara satu LKS SMK tingkat provinsi ini mengaku senang atas prestasi ini. “Alhamdulillah, bersyukur kepada Allah atas prestasi ini. Saya tidak menyangka bisa melaju ke tingkat nasional dan meraih juara tiga.”ujarnya.

Tidak lupa dia mengucapkan terima kasih kepada SMK Muhamka, terutama pembimbing – pembimbingnya dan semua pihak yang telah membantu, mendukung dan mendoakannya hingga mencapai prestasi tingkat nasional.

“Terima kasih kepada SMK Muhamka, Pak Aji kepala SMK Muhamka, Pak Rudi dan Pak Wiyarto selaku guru pembimbing. Mohon maaf Saya belum bisa menjadi yang terbaik di LKS SMK tingkat nasional ini.” Tutupnya.

Senada dengan Rozikin, Kepala program studi dan pembimbing Rozikin, Rudi Lustio, S.T juga menyampaikan rasa syukur atas prestasi anak didiknya ini, “Alhamdulillah, atas prestasi hebat ini. Rozikin berhasil masuk tiga besar. Hasil ini adalah peningkatan prestasi, tahun lalu peringkat 13, tahun ini masuk tiga besar.” Ungkapnya.

Menurut Rudi, Persiapan yang cukup panjang selama tujuh bulan, terhitung mulai bulan Oktober hingga April ditambah training bersama expert dari Asian Skill Contest (ASC) dan World Skill Contest (WSC) di Bekasi beberapa waktu lalu membuat Rozikin lebih mantap menghadapi kompetisi tingkat nasional ini.

“Program khusus untuk persiapan menghadapi LKS Nasional ini meningkatkan kemampuan dan ketrampilan siswa untuk bisa bersaing ditingkat nasional. Secara kualitas Rozikin tidak kalah, saya lihat dia kelelahan karena lomba sampai pukul sembilan malam. Dari empat task , yaitu Software design, Assembling, Hardware design dan Fault finding. Rozikin kesulitan di Software design. Hasil ini memberikan pengalaman berharga bagi tim elektronika. Jelasnya.

Sementara itu, kepala SMK Muhamka M. Rustam Aji, S.Pd menyampaikan terima kasih kepada Rozikin dan tim elektronika atas prestasi ini, “Selamat, sukses dan terima kasih kepada Rozikin dan tim elektronika yang telah bekerja keras untuk mendapatkan prestasi ini. Ini peningkatan prestasi, tahun lalu peringkat 13, tahun ini siswa SMK Muhamka tembus tiga besar. Harapannya tahun depan bisa lebih baik lagi” Ujarnya.

Jawa Tengah Juara Umum LKS SMK ke-25 tahun 2017

Provinsi Jawa Tengah berhasil menyabet predikat Juara Umum dalam Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS SMK) tingkat nasional tahun 2017. Dalam penyelenggaraan LKS SMK tingkat nasional yang ke-25 itu, Provinsi Jawa Tengah merebut Piala Bergilir dari Provinsi Jawa Timur yang menjadi Juara Umum LKS SMK tingkat nasional tahun 2016.

Beberapa gelar juara satu yang berhasil diraih Jawa Tengah antara lain bidang lomba Industrial Control, Chemistry, Prototype Modelling, dan Visual Merchandising. Jawa Tengah juga meraih juara dua untuk beberapa bidang lomba, yakni Automobile Repair dan Web Design. Kemudian predikat juara tiga yang berhasil disabet Jawa Tengah salah satunya adalah bidang lomba Automobile Technology.

Direktur Pembinaan SMK Kemendikbud, Mustaghfirin Amin mengatakan, juara satu untuk setiap bidang lomba dalam LKS SMK tingkat nasional bisa terdapat lebih dari satu orang. "Jadi peserta yang nilainya di atas 95 di setiap bidang lomba, masuk kategori juara 1. Makanya juara 1 itu bisa lebih dari satu orang," ujarnya di Malam Penutupan dan Penganugerahan LKS SMK Tingkat Nasional, di Surakarta, Jumat (19/5). Selain itu, peserta yang mendapatkan nilai di atas ambang batas atau melebihi passing grade akan menerima piagam penghargaan dan Medal of Excellent (MoE).



Pengunjung
  • Hari ini 65
  • Kemarin 130
  • Bulan ini 1.737
  • Tahun ini 37.944
  • Hit counter hari ini 250
  • Total hit counter 635.177
  • Pengunjung Online 3