Pelatihan ESQ Kelas XII SMK Muhammadiyah Kajen - SMK Muhammadiyah Kajen

Pelatihan ESQ Kelas XII SMK Muhammadiyah Kajen

Oleh : bara    2014-01-17 20:27:09   620

 

smkmuhamka.sch.id - Kegiatan Ujian Nasional TP. 2013/ 2014 tanpa terasa sudah di depan mata. Berdasarkan jadwal yang telah dirilis oleh Kemendiknas, Ujian Nasional TP. 2013/ 2014 tingkat SMK akan dilaksanakan pada bulan April 2013. Hal ini berarti tinggal tiga bulan saja waktu persiapan bagi kelas XII.

Seperti halnya di sekolah-sekolah lain, langkah persiapan dalam rangka menghadapi UN pun telah dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Kajen. Langkah tersebut berupa kegiatan jam tambahan, pengumpulan soal-soal UN tahun lalu dan lain-lain pun mulai dilakukan. Sedangkan kegiatan berupa Pra Ujian Nasional baru akan dilaksanakan pada awal Februari 2014.

Dalam rangka mempersiapkan siswa kelas XII menghadapi UN, SMK Muhammadiyah Kajen pun melakukan persiapan yang lebih mengarah pada sisi spiritual siswa. Kegiatan ini berupa pelatihan ESQ dengan mengundang seorang motivator dari yang Yogyakarta bernama Kang Puji. Kagiatan ini lebih menekankan untuk membangung keyakinan diri pada siswa untuk menghadapi UN. Dengan kegiatan ini diharapkan akan mampu membuat siswa mampu membangun keyakinan diri.

Kegiatan ESQ di buka  pengarahan Kepala Sekolah Drs. Arif Rosyid. Dalam pengarahanya di jelaskan bahwa nilai kelulusan untuk tahun ini adalah rata-rata NA 5,5 dan tidak ada mata pelajaran yang di ujikan yang di bawah 4,0. Dan dalam sambutanya juga SMK juga membuka info pendaftaran SNMPTN jadi anak tidak perlu khawatir tentang info tentang Kuliah.

Kegiatan ESQ diadakan pada hari Rabu tanggal 15 Januari 2014, dengan diikuti sekitar 400 siswa kelas XII dengan didampingi orang tua siswa dan beberapa guru. Seperti kegiatan ESQ tahun-tahun sebelumnya, antusiasme siswa pada awalnya tidak begitu tampak. Sikap-sikap yang terkesan meremehkan kegiatan ini tampak pada beberapa siswa. Namun saat Kang Puji mulai menyampaikan materi ESQ yang diselingi dengan beberapa gurauan sikap siswa pun mulai berubah. Gurauan yang tidak jarang menyentuh sisi-sisi negative yang merupakan kelemahan siswa justru menyadarkan kekurangan siswa. Dengan berdasarkan pada hal-hal ini maka secara perlahan Kang Puji mulai memasukkan motivasi yang mengarah pada motivasi intrinsic (dalam) dimana siswa akan mampu membangkitkan keyakinan diri tersebut.

Puncak kegiatan ESQ diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Kang Puji. Pada momen inilah Kang Puji membuat sebagian siswa menangis terbawa dengan doa yang dipimpin oleh Kang Puji, apalagi dalam  doanya seakan-akan menelanjangi segala kekurangan yang ada pada siswa. Selanjutnya kesadaran tersebut diharapkan akan mampu membangun sikap percaya diri dalam menghadapi Ujian Nasional TP. 2013/ 2014



Pengunjung
  • Hari ini 71
  • Kemarin 76
  • Bulan ini 1.521
  • Tahun ini 37.728
  • Hit counter hari ini 177
  • Total hit counter 634.469
  • Pengunjung Online 1