Budaya dan unsur unsurnya - SMK Muhammadiyah Kajen

Budaya dan unsur unsurnya

Oleh : hery    2023-01-01 08:07:01   3756

Manusia dan budaya merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan,hal ini disebabkan karena manusia merupakan mahluk budaya pelaku budaya penikmat budaya dan tentunya pelestari budaya.

E.B Taylor atau Edward Burnett Tylor yang terkenal dengan sebuatan bapak antropolog dunia dari inggris mengatakan bahwa kebudayaan adalah satu kesatuan kompleks yang terdiri dari ilmu pengetahuan,seni adat istiadat,hukum,dan budi pekerti yang dimiliki manusia dalam suatu komunitas masyarakat. Sedangkan bapak antropologi Indonesia bapak Koentjaraningrat mengatakan bahwa budaya adalah keseluruhan suatu system gagasan,Tindakan,serta hasil karya manusia dalam kehidupan.

Dari kedua pendapat tokoh antropologi tersebut dapat disimpulkan bahwa budaya merupakan suatu cara hidup yang bersumber dari akal ilmu pengetahuan budi pekerti adat istiadat dan semua tindakan manusia yang dijadikan identitas masyarakat dan hak milik serta di wariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Adapun unsur unsur budaya menurut Koentjaraningrat dibagi menjadi 7 yaitu sistem kepercayaan atau religi,system dan organisasi kemasyarakatan,system pengetahuan,Bahasa,system mata pencaharian/ekonomi, system teknologi dan peralatan serta seni.

System kepercayaan atau religi memegang peranan yang paling utama ,karena kepercayaan ini lebih dikaitkan dengan hal hal yang berada diluar akal manusia seperti dewa roh roh nenek moyang dan sebagainya,yang sifatnya magis mistis dan diluar nalar manusia,Pada umumnya masyarakat dahulu yang di mulai dengan masyarakat pra sejarah mereka menganut system kepercayaan sebagai pedoman hidup hal ini disebabkan karena belum adanya penyebaran agama dan juga belum adanya pemahaman yang lebih di masa itu,sehingga mereka lebih percaya pada sesuatu yang sifatnya anismisme,dinamisme dan totemisme.

Animisme mengandung arti percaya pada kekuatan tempat seperti istilah jawa disebut danyangan atau tempat keramat yang dianggap mempunyai kekuatan seperti makam,pohon besar,batu tua atau tempat tempat keramat lainnya, sedangkan dinamisme mengandung arti bahwa manusia percaya pada kekuatan benda seperti keris akik susuk dan sebagainya,benda ini tentunya ga begitu asing bagi kita dimana dahulu orang sakit lebih percaya kepada dukun dari pada harus kedokter,hal ini menunjukkan bahwa system kepercayan ini kasih melekat kuat dalam diri mereka. Selain percaya pada kekuatan animisme dan dinamisme masyarakat dahulu juga mendewakan binatang yang dianggap sacral suci dan tentunya harus di hormati,Adapun contoh binatang ini adalah sapi dan sapi ini bagi masysarakat hindu sangat di muliakan di hormati dijaga karena mereka percaya bahwa binatang tersebut merupakan perwujudan dari dewa. System organisasi kemasyarakatan, system ini muncul dari adanya kebutuhan akan bantuan orang lain,dalam melaksanakan aktivitas kehidupannya,sehingga dengan adanya kebutuhan ini manusia di tuntut untuk berkeluarga  berkelompok  bergotong royong saling bekerja sama dalam melaksanakan aktivitas keseharianya. Biasanya organisasi kemasyarakatan ini dibawah naungan RT/RW kelurahan dalam ruang lingkup yang kecil di masyarakat.

System pengetahuan,system pengetahuan merupakan system yang terpadu dari berbagai macam pengetahuan yang ada di bumi,baik bicara manusia flora fauna dan sebagainya,system pengetahuan sangat luas batasannya karena mencakup pengetahuan manusia dan semua unsur yang terkait dalam kehidupannya.

Jaman dahulu system pengetahuan hanya di dapat dari mulut ke mulut tidak ada sumber yang jelas karena belum adanya Pendidikan sehingga pengetahuan manusia masih terbatas,tidak seperti sekarang yang pengetahuan bisa di dapat kapan saja dimana saja karena mudah didapatkan baik dari internet media sosial surat kabar media elektronik dan sebagainya.

Bahasa merupakan unsur budaya yang sangat penting keberadaaanya, karena Bahasa merupakan alat atau media yang digunakan manusia dalam berkomunikasi berinteraksi dengan manusia lainnya. Indonesia merupakan negara yang kaya akan Bahasa yang masing masing daerah berhak untuk melestarikan Bahasa yang lahir tumbuh di daerah masing masing, sementara unsur budaya lain yang tidak kalah penting adalah system ekonomi,berbicara system ekonomi maka tidak jauh dari yang Namanya usaha pemenuhan kebutuhan hidup. Masyarakat jaman dahulu mereka memenuhi kebutuhan hidup mereka dengan berburu,bercocok tanam,meramu dan beternak dan menggunakan alat pembayaran dalam pemenuhan kebutuhan hidup berupa barter atau saling bertukar barang sesuai kebutuhan mereka, seriring berkembangnya jaman dan teknologi berkembang pula system ekonomi,masyarakat tidak lagi barter melainkan melakukan pembayaran dengan uang bahkan saat ini lebih kepada uang virtual yang hanya berisi angka angka nominal uang untuk pembayaran, hal ini terjadi tentunya tidak lepas dari peran kemajuan dan teknologi dan peralatan hidup,dimana teknologi sangat membantu manusia dalam mengerjakan semua aktivitasnya,jaman dahulu segala kegiatan manusia banyak dilakukan secara manual bertenaga manusia akan tetapi saat ini peran manusia banyak digantikan oleh teknologi dan mesin. Contoh sederhana dari teknologi adalah jaman dahulu membajak sawah menggunakan tenaga manusia dan hewan akan tetapi seiring majunya zaman dan canggihnya teknologi pembajak sawah kini diganti dengan mesin traktor yang tentunya akan menghasilkan hasil bajakan yang lebih cepat dan efisien.

Unsur budaya yang terakhir adalah unsur budaya yang paling di sukai masyarakat yaitu seni, kesenian merupakan unsur budaya yang paling di sukai masyarakat hal ini dikarenakan karena sifat seni adalah menghibur menyenangkan dan menghadirkan sesuatu yang indah untuk di nikmati oleh manusia. Bentuk seni yang berkembang di masyarakat tentunya sangat banyak dan beragam dan tentunya manusia mempunya selera yang berbeda beda dalam menentukan pilihannya.

 

Ditulis Oleh Musrifah, S.Pd

Guru SMK Muhammadiyah Kajen