Aplikasi Liveworksheet Untuk Penilaian Di Masa Pandemi - SMK Muhammadiyah Kajen

Aplikasi Liveworksheet Untuk Penilaian Di Masa Pandemi

Oleh : ratih    2021-01-12 09:50:48   15551

Pandemic covid-19 bukanlah sebuah penghalang bagi guru untuk selalu menyediakan pembelajaran yang menarik  dan memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat LKPD dimasa pandemic ini adalah liveworksheet. Liveworksheet adalah salah satu platform yang dapat membantu guru dalam membuat e-worksheet atau lembar kegiatan siswa yang sering dikenal dengan istilah LKPD. Selain tampilannya menarik liveworksheet ini mudah untuk digunakan.

Depdiknas (Darusman, 2008:17 dalam radarsemarang.id) menyatakan LKPD adalah lembaran yang berisikan pedoman bagi siswa untuk melaksanakan kegiatan yang terprogram. LKPD berfungsi menjembatani kegiatan belajar mengajar sehingga akan terbentuk interaksi yang efektif antara peserta didik dengan pendidik, hal ini dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dalam peningkatan prestasi belajar.

Liveworksheet ini menyediakan banyak fitur untuk pembuatan soal pilihan ganda, menjodohkan dengan menarik garis, drag and drop, essay, dan bentuk lainnya sesuai dengan keinginan pembuat. Untuk membuatnya pun caranya mudah, kita hanya perlu membuat akun terlebih dahulu dengan cara mengakses www.liveworksheet.com.

Ketika sudah berhasil membuat akun maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

kita tinggal pilih make interactive worksheet  pilih get started kemudian upload file yang sudah di ubah ke bentuk pdf ke liveworksheet kemudian kita tinggal blok mana saja yang dapat bagian-bagian mana saja yang harus di isi oleh siswa kemudian kita pilih fitur pengisian yang akan kita gunakan. Jika kita mengalami kesulitan, di liveworksheet sudah disediakan petunjuk untuk penggunaan fitur yang disediakan. Berikut ini tampilan dari liveworksheet yang sudah kita buat, bisa kita cek di menu my worksheet.

Ketika siswa mengakses dan mulai mengerjakan LKPD yang kita berikan nantinya mereka akan langsung melihat hasil perolehan nilai yang mereka dapatkan, dan guru dapat mengeceknya dengan mudah melalui menu my mail-box. Liveworksheet ini cocok untuk segala jenis penilaian baik digunakan untuk penilaian sikap, penilaian kognitif, maupun penilaian ketrampilan dan untuk semua mata pelajaran tidak hanya mata pelajaran eksak.

Penulis : 
Ratih Kurniasih, S.Pd - Guru Tim MGMP Fisika Kabupaten Pekalongan