Harap Tunggu



Ujian Kompetensi Keahlian, Jurusan Otomotif SMK Muhamka Gandeng LSP dan Daihatsu

Oleh : rudy waktu : 2019-04-30 15:55:48 dibaca : 32

Ujian Kompetensi Keahlian, Jurusan Otomotif SMK Muhamka Gandeng LSP dan Daihatsu

smkmuhamka.sch.id – SMK Muhammadiyah Kajen (Muhamka) terus lakukan level up grading kualitas lulusannya, khususnya jurusan Teknik Otomotif. SMK Muhamka menggandeng Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan Daihatsu dalam pelaksanaan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK).

Guna meningkatkan kualitas lulusan SMK Muhamka, ujian kompetensi dilaksanakan tidak hanya internal, melainkan juga eksternal, dalam hal ini Daihatsu.

Hal ini disampaikan oleh kepala program studi Teknik Otomotif Budiono kepada Media Muhamka beberapa waktu yang lalu.

Budi menambahkan, lembaga sertifikasi internal yang dimiliki oleh SMK Muhamka adalah LSP-P1 dan sekarang telah naik level ke Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level II. Materi UKK versi LSP yang diujikan adalah tune up engine konvensional dan tune up engine sistem injeksi.

“Alhamdulillah, ujian kompetensi yang dilaksanakan tanggal 7-16 Maret 2019 lalu itu telah selesai dengan baik.”

Sementara untuk uji kompetensi eksternal, SMK Muhamka menggandeng Daihatsu dengan uji sertifikasi (USK) Daihatsu level Technician 10.000 Km, Adapun materi USK adalah electrical, sistem rem, undercarer, tune up EFI, dan pengukuran, tandas Budiono.

Komentar positif datang dari trainer Daihatsu Rizki Maulana Sasmita tentang SMK Muhamka, SMK Muhamka ini sungguh luar biasa, karena tidak semua SMK skala nasional bisa melaksanakan USK. Hanya SMK yg masuk dalam program Pintar Bersama Daihatsu (PBD) yang sudah terakreditasi oleh PT. Astra Daihatsu Motor yang bisa melaksanakan USK ini. Maka manfaatkan yg baik dan ikuti dengan maksimal semoga mendapat hasil yang memuaskan.

Selain UKK versi LSP, TKR smk muhamka juga melaksanakan uji sertifikasi kompetensi (USK) Daihatsu level technician 10.000 km. Ini adalah SMK MUHAMKA sebagai anggota Program Pintar Bersama Daihatsu yg sdh terakreditasi A oleh PT. Astra Daihatsu Motor.

Setelah mengikuti kedua ujian tersebut, siswa SMK Muhamak akan diberikan sertifikat keahlian BNSP dan sertifikat technician dari PT Astra Daihatsu Motor bagi yang dinyatakan lolos uji kompetensi.(rwd)


Logo SMK Muhammadiyah Kajen dengan Sucofindo