Sebanyak 465 Siswa SMK Muhamka Laksanakan USBN 2018

Oleh : rudy waktu : 2018-03-17 09:17:39 dibaca : 185

Sebanyak 465 Siswa SMK Muhamka Laksanakan USBN 2018


smkmuhamka.sch.id – Sebanyak 465 siswa SMK Muhammadiyah Kajen (Muhamka) mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang dimulai Senin (12/3).

Hal itu diungkapkan Yogi Prasetyo kepada Media Muhamka saat memberikan informasi terkait pelaksanaan USBN 2018.

Dijelaskan, pelaksanaan USBN di SMK Muhamka dimulai dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam atau mata pelajaran ciri khusus yang dimulai hari Senin 12 Maret 2018 dan akan berakhir Kamis 29 Maret 2018 mendatang.

“Siswa kelas XII mulai tanggal 12 Maret 2018 akan menjalani serangkaian ujian sekolah yang padat hingga 29 Maret nanti. Dalam pelaksanaannya, USBN teori akan diselingi ujian praktik PAI dan PJOK (olahraga),” jelas Yogi yang juga sekretaris panitia ulangan SMK Muhamka itu.

Yogi menambahkan, kalau tahun-tahun sebelumnya ada US dan USBN, tahun ini hanya USBN. Bentuk  soal adalah campuran, 90 persen pilihan ganda dan 10 persen esai. Soal dibuat oleh guru-guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan sesuai dengan kisi – kisi Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

“Selain USBN, secara bersamaan SMK Muhamka juga melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS) bagi kelas X dan Penilaian Akhir Tahun (PAT) bagi kelas XI yang akan menjalani Praktek Kerja Industri (Prakerin) di akhir  Maret 2018. Sebanyak 24 ruang ujian tertulis, 5 laboratorium komputer disiapkan dan pihak sekolah juga menugaskan 60 guru pengawas untuk pelaksanaan ujian ini,”tandas Yogi.

Sementara itu, kepala SMK M. Rustam Aji menyampaikan tujuan penilaian atau evaluasi yang dilakukan oleh SMK Muhamka untuk mengetahui tingkat keberhasilan level pengetahuan (kognitif), level sikap, dan level psikomotorik.

Menurutnya, kegiatan penilaian ini juga diharapkan membentuk karakter anak-anak SMK Muhamka dalam meraih impiannya, untuk selalu memiliki sikap perilaku jujur, bertanggungjawab, menghargai pentingnya usaha, dan memilki semangat juang atau ikhtiar yang maksimal.

“Selamat melaksanakan kegiatan penilaian dan terima kasih kita sampaikan kepada bapak/ibu guru dan seluruh komponen di SMK Muhamka ini sehingga kegiatan ini bisa dilaksanakan. Mari kita antarkan anak-anak hebat Muhamka ini untuk mencapai mimpinya,”tutup Aji.


Logo SMK Muhammadiyah Kajen dengan Sucofindo