SMK Muhamka Persembahkan Dua Emas untuk Jateng

Oleh : rudy waktu : 2017-11-07 11:18:07 dibaca : 104

SMK Muhamka Persembahkan Dua Emas untuk Jateng

smkmuhamka.sch.id - SMK Muhammadiyah Kajen (Muhamka) berhasil menyumbang dua medali emas untuk Jawa Tengah dalam ajang Olympic Ahmad Dahlan (OlympicAD) ke- V tingkat nasional yang diselenggarakan dari 26-29 Oktober 2017 di Kota Bandar Lampung. Raihan dua medali emas ini turut mengantarkan kontingen Jawa Tengah menduduki peringkat ke-dua dengan 44 emas, dibawah Jawa Timur dengan 51 emas.

Dua medali emas tersebut diraih oleh Legenda Telaga Asih (cabang lomba Karya Tulis Ilmiah Siswa) dan Dwi Yoga Prasetyo (cabang lomba Fisika). Legenda dan Yoga yang finis di peringkat tiga saat seleksi tingkat provinsi, justru mampu tampil gemilang di level nasional. Tidak hanya mampu bersaing, mereka bahkan mampu menjadi yang terbaik dari puluhan peserta yg menjadi delegasi dari berbagai provinsi sek Indonesia.

Dua pelajar yang kini duduk di bangku kelas XI tersebut mengaku puas dan bangga atas raihan prestasi ini. Baik Legenda maupun Yoga, prestasi tersebut adalah yang pertama untuk level nasional. "Alhamdulillah, saya sama sekali tidak menyangka bisa juara. Apalagi, pesaing dari provinsi lain juga hebat-hebat", ujar Yoga.

Sementara itu, Legenda, siswi Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) ini memiliki kesan tersendiri terhadap raihan medali emas OlympicAD. Baginya, prestasi ini adalah pembuktian bahwa siswa SMK juga bisa bersaing dengan siswa SMA. "Tentu saya sangat bersyukur bisa memenangkan lomba ini. Apalagi, pesaing dalam lomba kemarin tidak hanya siswa SMK, tapi juga SMA. Hal ini jelas menambah motivasi saya bahwa siswa SMK pun bisa bersaing, Berkarya, dan juara", jelasnya penuh semangat.

Angga Setiyawan, S.Pd selaku pembimbing lomba karya ilmiah menuturkan tidak ada tips khusus selama persiapan lomba. "Kami bisa mempersiapkan segala sesuatu dengan efektif. Belajar dari pengalaman saat seleksi di tingkat provinsi, kami mulai memetakan hal apa saja yg perlu diperbaiki. Alhamdulillah, hasilnya sesuai harapan," ujarnya.

Bukan Jago Kandang

Sukses SMK Muhamka di OlympicAD nasional semakin memperpanjang daftar prestasi sekolah tersebut. Sepanjang 2017 ini, SMK Muhamka mampu unjuk gigi dalam berbagai kompetisi tingkat provinsi dan nasional baik di bidang akademik maupun nonakademik. Diantaranya, juara 1 lomba esai Pekan Ilmiah Pelajar Se-Jawa, medali perak kejuaraan Muaythai tingkat provinsi, medali emas kejuaraan Taekwondo tingkat nasional, medali emas OlympicAD tingkat nasional, dan juara 3 LKS Elektronika tingkat nasional.

Kepala SMK Muhamka, M Rustam Aji, S.Pd menuturkan bahwa rentetan prestasi yang dicapai siswa-siswinya adalah bukti bahwa SMK Muhamka kini tidak bisa lagi disebut jago kandang. Ia juga menuturkan bahwa hal tersebut merupakan salah satu perwujudan visi sekolah yang ia pimpin, yaitu Islami, Kompeten, dan Berprestasi.

“Alhamdulillah, segala prestasi yang diraih putra-putri kami tentu sangat membanggakan. Ini sudah menjadi komitmen kami untuk terus mengembangkan potensi putra-putri kami. Tujuannya tentu saja agar mereka memiliki bekal untuk bersaing di luar kompetensi keahlian mereka masing-masing,” jelasnya.


Logo SMK Muhammadiyah Kajen dengan Sucofindo