Harap Tunggu



Cetak Generasi Unggul dan Percaya Diri, SMK Muhamka Lanjutkan Program Pertukaran Pelajar

Oleh : rudy waktu : 2018-01-31 10:22:26 dibaca : 186

Cetak Generasi Unggul dan Percaya Diri, SMK Muhamka Lanjutkan Program Pertukaran Pelajar


smkmuhamka.sch.id – Setelah sukses ikuti program pertukaran pelajar Asia pada tahun 2015 dan 2016 lalu, SMK Muhammadiyah Kajen (Muhamka) kembali jalin kerjasama dengan Thailand untuk program Pertukaran Pelajar Asia tahun 2018.

Kepala SMK Muhamka M. Rustam Aji kepada Media Muhamka menyampaikan, keikutsertaan SMK Muhamka di Program Pertukaran Pelajar Asia ini akan memberikan pengalaman yang bagus serta meningkatkan percaya diri anak – anak SMK Muhamka.

“Program ini dapat menjadi bekal anak – anak SMK Muhamka untuk menjadi masyarakat global atau Global Citizen dan untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Anak – anak peserta program ini akan mendapatkan pengalaman yang sangat berharga dan juga untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam berkomunikasi, meningkatkan kemampuan kritis dan kolaboratif.“ Ujarnya.

Rustam Aji menambahkan, hasil rapat kerja yang dilaksanakan di Thailand pada akhir Januari 2018 lalu, menyepakati beberapa poin penting kerjasama antara SMK Muhamka dari Indonesia dengan Prha Nakhon Si Ayuthaya Technical College Thailand.

“Prha Nakhon Si Ayuthaya Technical College Thailand sebagai pusat kegiatan Program Pertukaran Pelajar Asia yaitu Indonesia, Thailand, Cina, dan Kamboja. Program ini bertujuan sharing pengetahuan, budaya dan diharapkan menjadi simulasi Global Citizen atau Masyarakat Global bagi peserta program.” lanjutnya.

Turut menandatangani nota kesepahaman kerjasama internasional kepala SMK Muhamka M. Rustam Aji dan direktur Prha Nakhon Si Ayuthaya Technical College Thailand, Jorun Youbrum di Prha Nakhon Si Ayuthaya Technical College Thailand.

Konsisten Pertukaran Pelajar

Sejak tahun 2015 SMK Muhamka konsisten ikuti program pertukaran pelajar. SMK Muhamka bersama sejumlah sekolah di Jawa Tengah dan Jawa Timur tergabung  di Automotive Consortium Internship Program.

Pada tahun pertamanya, SMK Muhamka mengirimkan dua siswa terbaik untuk mengikuti program pertukaran pelajar ke Thailand dan sebaliknya secara bergantian. Di tahun 2016, SMK Muhamka kembali kirimkan tiga siswa terbaiknya untuk mengikuti program pertukaran pelajar ke Thailand. Selama dua bulan di Thailand, mereka belajar di sebuah sekolah kejuruan dan magang di perusahaan otomotif.

Salah satu alumni program pertukaran pelajar 2016 M. Iqbal Imam Utama mengatakan, dirinya sangat senang dengan program pertukaran pelajar yang diselenggarakan oleh SMK Muhamka, “Ini seperti mimpi yang jadi kenyataan. Saya banyak belajar selama di Thailand, bertemu teman baru dengan segala perbedaannya. Tinggal di Thailand adalah tantangan, karena saya membaur dengan orang yang beda bahasa , beda agama dan beda budaya. Selain belajar ilmu akademik juga belajar toleransi.” Ujarnya. (rwd)


Logo SMK Muhammadiyah Kajen dengan Sucofindo

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/alt/php70/usr/lib64/php/modules/mysql.so' - /opt/alt/php70/usr/lib64/php/modules/mysql.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: