Peningkatan SDM Lulusan, SMK Muhamka Laksanakan Sinkronisasi Kurikulum - SMK Muhammadiyah Kajen

Peningkatan SDM Lulusan, SMK Muhamka Laksanakan Sinkronisasi Kurikulum

Oleh : rudiwd    2020-02-03 11:21:45   30

smkmuhamka.sch.id - 

Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia, telah mendorong banyak pihak melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan semangat yang dikandung dalam Inpres tersebut, yaitu meningkatkan kualitas proses dan hasil pendidikan pada SMK agar benar-benar menghasilkan lulusan yang berkualitas seperti yang diharapkan.

Kepala SMK Muhammadiyah Kajen (Muhamka) Muhammad Rustam Aji menuturkan diterbitkannya Instruksi Presiden tentang Revitalisasi SMK pada tahun 2016 merupakan salah satu upaya yang tepat dan strategis guna mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi SMK dan sebagai solusi bagi para lulusan SMK memasuki dunia kerja, termasuk menghadapi revolusi industri 4.0.

SMK Muhamka, menurut Rustam Aji berkomitmen untuk terus melakukan pengembangan, baik kurikulum dan lainnya sebagai bagian dari suksesi revitalisasi SMK.

“Pengembangan kurikulum SMK Muhamka dilaksanakan oleh tim pengemban kurkulum sekolah bersama dengan indsutri, ini dilaksanakan sejalan dengan inpres no 9 tahun 2016 ttg revitalisasi smk, yang salah satu pointnya adalah revitalisasi kurikulum sbg upaya peningkatan sdm, khususnya SDM lulusan SMK Muhamka.

SMK Muhamka, Rustam Aji menambahkan, berkomitmen bahwa lulusan harus memiliki karakter dan akhlakul karimah serta mempunyai kompetensi sesuai yang dibutuhkan dunia usaha dan industri.

Sementara itu, wakil kepala sekolah bidang kurikulum Mahfut dalam kegiatan Sinkronisasi Kurikulum SMK Dengan Dunia Industri yang diselenggarakan, Sabtu (26/1) di ruang rapat gedung utama mengatakan, SMK Muhamka melakukan rapat koordinasi sinkronisasi dengan dunia industri guna menyelaraskan kurikulum SMK Muhamka dengan industri.
“Hadir dalam rapat koordinasi adalah pengawas SMK, Komite Sekolah, Bimbingan Konseling dan Dunia Industri. Adalah Tri Murtanto selaku Servis Advisor PT. Astra International Daihatsu, Manager PT. Bisa Mandiri Strategi Investasi Reinaldo Moontri, Rosyid Kepala Cabang PT. Sharp Service Center Pekalongan, assistant Manager PT. Telkom Witel Pekalongan Sri Widiyanto.” Ujar Mahfut.

Harapannya, dengan sinkroninasi kurikulum dengan industri, SMK Muhamka semakin maju dan berdaya saing, tandasnya.



Pengunjung
  • Hari ini 76
  • Kemarin 129
  • Bulan ini 3.185
  • Tahun ini 7.811
  • Hit counter hari ini 178
  • Total hit counter 705.764
  • Pengunjung Online 1