Muhamka Creatives Day, Ajang Siswa Kreatif dan Inovatif. - SMK Muhammadiyah Kajen

Muhamka Creatives Day, Ajang Siswa Kreatif dan Inovatif.

Oleh : rudiwd    2019-12-29 14:58:08   29

smkmuhamka.sch.id - Setelah anak-anak belajar tentang pendidikan karakter, adab serta akhlaq yang baik, langkah yang tidak kalah penting adalah membekali anak-anak dengan kemampuan 4C, yaitu Critical thinking, Colaborative, Creative dan Communicative.

Hal diatas disampaikan oleh kepala SMK Muhammadiyah Kajen (Muhamka) M. Rustam Aji kepada Media Muhamka.

Masih menurut Rustam Aji, SMK Muhamka telah berkomitmen untuk terus menumbuhkembangkan akhlak, budi pekerti, kreativitas dan inovasi kepada peserta didik.

"Hal ini diwujudkan dalam berbagai strategi pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Dan hari ini adalah salah satu bentuk pembelajaran itu." Tuturnya.

Menyambut era revolusi industry 4.0 dan program revitalisasi SMK, inovasi pembelajaran yang dilakukan SMK Muhamka tidak hanya untuk persiapan tenaga lulusan siap kerja, namun juga mencetak lulusan yang siap berwirausaha.

Ketua panitia Muhamka Creatives' Day Sugiharto kepada Media Muhamka menyampaikan strategi pembelajaran yang dilakukan saat ini tidak hanya sebatas analisis teori semata, namun juga ruang-ruang berkarya dan bereksperimen bagi peserta didik.

"Agenda “Muhamka Creatives' Day” diselenggarakan sebagai laboratorium pembelajaran bagi peserta didik. Kegiatan terdiri atas Pentas Drama Kolaborasi Berbahasa Jawa, juga Bazar Produk Kreatif Kewirausahaan. Tujuannya jelas, membentuk karakter peserta didik yang kreatif, inovatif, kolaboratif, dan berdaya saing." Jelasnya.

Menurut Sugiharto, Hal ini senada dengan pesan yang disampaikan oleh Mendikbud Nadiem Makarim dalam pidato peringatan hari guru, bahwa di dunia nyata kemampuan berkarya dan berkolaborasi akan menentukan kesuksesan peserta didik, bukan kemampuan menghafal semata.

Sementara itu Hasbi salah satu siswa yang juga ikut memeriahkan stand bazaar mengaku senang dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh SMK Muhamka ini.

"Alhamdulillah, ini menjadi pengalaman berharga khususnya untuk pembelajaran kewirausahaan. Kita berlatih promosi, dan diberikan ruang-ruang kreatif untuk mengeksplorasi kemampuan siswa. Muhamka Creatives' day keren." kata siswa kelas XII jurusan komputer itu.



Pengunjung
  • Hari ini 126
  • Kemarin 160
  • Bulan ini 2.602
  • Tahun ini 2.602
  • Hit counter hari ini 576
  • Total hit counter 685.665
  • Pengunjung Online 3