Menjemput Lingkungan Yang Sehat, Bersih, Ramah dan Hijau

Oleh : rudy waktu : 2014-10-06 18:44:14 dibaca : 936

Menjemput Lingkungan Yang Sehat, Bersih, Ramah dan Hijau

Oleh Rudi Widianto, S.Pd

www.smkmuhamka.sch.id – Isu lingkungan terus menjadi hangat diseluruh penjuru dunia, semboyan green school telah menjadi populer disemua kalangan. Rasanya memang tidak berlebihan jika gerakan cinta lingkungan ini terus bergerak dan masif. SMK Muhammadiyah Kajen yang telah konsisten bagaimana menjadi sekolah hijau atau green school juga secara nyata melakukan hal – hal yang berkaitpaut dengan cinta lingkungan.

Sekolah sebagai ruang pendidikan harus bisa menjadi sumber ilmu terkait dengan apa saja, termasuk bagaimana ruh Sekolah hijau ini. Bagaimana mengajari semua elemen sekolah  agar mengerti hingga menyadari pentingnya cinta lingkungan. Perilaku – perilaku yang dianggap sepele dan kadang tidak disadari keburukannya masih sering ditemui dilingkungan sekolah. Siswa masih sering membuang sampah tidak pada tempatnya, penggunaan pastik yang mubazir, tidak merawat tanaman, coret –coret tembok dan kursi meja, dan lainnya. Ini sangat disayangkan tatkala hal – hal demikian masih terjadi disaat semua orang berteriak tentang cinta lingkungan.

SMK Muhammadiyah Kajen yang telah menjadi Sekolah Hijau terus melakukan sosialisai terkait dengan misi ini. Melakukan penghijauan dilingkungan sekolah dan lingkungan sekitar telah berulang kali dilakukan. Menanam bibit tanaman dan memberi ruang terbuka hijau. Kegiatan ini melibatkan semua unsur, baik guru dan siswa dan mereka menjadi pelaku langsung terkait cinta lingkungan ini.

Berikutnya adalah mengolah sampah, tentu perilaku awal tentang bagaimana memperlakukan sampah adalah dengan tidak membuangnya disembarang tempat. Tingkat kesadaran yang rendah akan penyalahbuangan sampah membuat kita harus bekerja lebih keras menanamkan pengertian tentang bagaimana memperlakukan sampah. Sehari – hari kita menghasilkan sampah, baik organik dan non-organik. Apabila terdapat pengelolaan sampah yang salah bisa berbahaya bagi lingkungan dan kehidupan manusia. Seperti yang sudah kita kenal selama ini, Pengelolaan sampah dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu ;

  1. Reduce

Yaitu mengurangi sampah dengan cara tidak atau mengurangi pemakaian barang – barang sekali pakai, tetapi menggunakan barang – barang yang bisa dipakai berulang, re-fill dan sebagainya.

  1. Reuse

Yaitu menggunakan kembali barang – barang lama/rusak untuk menjadi barang dengan fungsi yang sama atau berbeda.

  1. Recycle

Yaitu mendaur ulang barang – barang yang sudah tidak digunakan menjadi barang baru yang bermanfaat, baik dari olahan sampah organik maupun non organik.

SMK Muhammadiyah Kajen sebagai salah satu sekolah hijau berkomitmen dengan semangat Go Green, segala upaya sudah dilakukan dalam rangka menjemput lingkungan yang sehat, bersih, ramah dan hijau.

 


Logo SMK Muhammadiyah Kajen dengan Sucofindo