Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika melalui Pembelajaran Project Based Laerning pada Materi Mean Data Berkelompok pada Kelas XI SMK Muhammadiyah Kajen Pekalongan
Oleh : rudiwd 2021-02-23 11:46:15 1490Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika melalui Pembelajaran Project Based Laerning pada Materi Mean Data Berkelompok pada Kelas XI SMK Muhammadiyah Kajen Pekalongan
Oleh : Siti Fadlilah
Matematika merupakan salah satu pengetahuan manusia yang paling bermanfaat dalam kehidupan. Hampir setiap bagian dari hidup kita mengandung matematika sehingga peserta didik membutuhkan pengalaman yang tepat untuk bisa menghargai kenyataan bahwa matematika adalah penting untuk masa depan mereka. Model pembelajaran matematika yang digunakan sebaiknya dimulai dengan mengangkat situasi dari kehidupan sehari hari (kontekstual) yang kemudian dituangkan dalam bentuk soal cerita. Diharapkan dengan diterapkannya model pembelajaran matematika yang baik seperti konsep di atas, siswa menjadi lebih terampil menyelesaikan permasalahan (menjadi problem solver) dimana tujuan ini dapat tercapai bila prinsip pembelajaran matematika diterapkan secara 2 arah sehingga siswa dapat benar-benar menguasai konsep-konsep matematika dengan baik.
Pendekatan Project Based Learning berpusat pada pengalaman siswa menginvestigasi sebuah pertanyaan atau masalah. Hal tersebut sangat dibutuhkan dalam mempelajari matematika. Saat strategi pembelajaran konvensional disibukkan dengan teori, contoh, dan latihan berbeda dengan strategi PjBL, dimana siswa yang diajarkan menggunakan PjBL akan diberi kesempatan untuk mengembangkan keterampilan mereka. PjBL menjadi lebih efektif bila dilakukan pada tingkatan kelas yang tinggi karena subjek materi yang dapat dieksplore menjadi lebih luas. Siswa dapat menerapkan ilmu matematika yang sudah didapat dari kelas-kelas sebelumnya sebagai dasar pemikiran dalam mengerjakan proyek pada pembelajaran PjBL.
Melalui pembelajaran PjBL ini siswa merasa tertarik dengan suasana pembelajaran yang berbeda, karena siswa melakukan kegiatan pembelajaran tidak hanya di dalam kelas saja, tapi juga berada di luar kelas. Mereka melakukan perancangan sebuah proyek, melaksanakan sampai pada mempresentasikan proyek yang mereka buat. Penggunaan model pembelajaran pada materi menghitung rata-rata data berkelompok ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menghitung rata-rata, menganalisa kemudian menyajikan analisanya yang dituangkan dalam bentuk poster.
Melalui tugas proyek ini, kreativitas siswa dan daya pikir mereka juga akan berkembang. Hal ini dikarenakan proyek tersebut tidak hanya menghitung tetapi juga belajar menganalisa hasil perhitungan juga dan dapat mengeksplor kreativitas mereka, mereka bisa membuat proyek tersebut dengan penyajian yang beraneka ragam, membuat poster tersebut lebih menarik dan mudah dipahami.
Dilihat 856
Operator Magang dan Exsperience PT PERTAMBANGAN
Dilihat 910
Operator Produksi PT. SJI cikarang bekasi
Dilihat 1.604
LOWONGAN KERJA KHUSUS Perusahaan Otomotif terbesar di Indonesia
Dilihat 1.062
Selengkapnya..
- Hari ini 307
- Kemarin 318
- Bulan ini 7.675
- Tahun ini 273.762
- Hit counter hari ini 3.138
- Total hit counter 3.509.210
- Pengunjung Online 10